Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2017, 07:05 WIB
Cahyu Cantika Amiranti

Penulis

KOMPAS.com- Tahun baru identik dengan segala sesuatu yang baru, salah satunya tampilan rumah. Tenang, tak selalu perlu membeli furnitur baru atau melakukan renovasi besar-besaran untuk mendapat kesan rumah baru.

Beberapa trik sederhana bisa dilakukan untuk keperluan itu, mulai dari menutupi noda lama hingga tuntas membersihkan sudut dan perkakas rumah.

Noda-noda di dinding atau cat mengelupas, merupakan bagian paling kentara yang kerap membuat rumah terlihat kusam. Paparan udara dan aktivitas harian penghuni rumah pun sangat mungkin meninggalkan noda dan bekas pada dinding.

Meskipun terkesan sederhana, menutupi bagian rumah yang sudah terlihat kotor akan efektif memberi kesan baru. Trik ini juga tidak membutuhkan biaya terlalu besar. Cukup cat ulang saja dinding yang sudah kusam atau ternoda.

Penulis tentang desain interior Devin Alessio, menyebutkan, tren warna cat pada 2017 akan mengacu dan menggambarkan personalitas penghuni bangunan. Sembilan ruangan utama, sebut dia, akan menentukan inspirasi yang hendak dimunculkan dari pilihan warna tersebut.

"(Yaitu pilihan warna) percaya diri, tenang, dan nyaman," ujar Alessio, dalam artikelnya di situs web Elle Decor pada Rabu (28/12/2016).

Selain cat, bisa dicoba juga wallpaper untuk mengganti suasana sekaligus menutupi noda lama pada dinding. Cara pasangnya bergantung dengan posisi dan besar area yang kusam.

Jika noda terlalu besar dan banyak, pasang wallpaper secara memanjang hingga menutupi hampir seluruh bagian dinding.

Lalu, jangan lupa juga untuk sesuaikan warna dinding dan fungsi ruangan dengan motif wallpaper. Jika hanya noda kecil, variasikan dinding dengan stiker bergambar, sesuaikan dengan tempat.

Motif bunga, misalnya, dapat dipasang di dinding ruang tamu sedangkan gambar makanan lebih cocok ditempel di dinding dapur.

Jika mau cara lain yang berbeda dengan biasanya, melukis sesuatu pada area dinding yang ingin ditutupi juga dapat dilakukan. Gambarlah sesuatu yang kreatif, misalnya, pola abstrak unik. Kalau perlu, cari inspirasi melalui internet.

Lantai dan furnitur

Kerusakan mungkin terjadi tidak hanya di dinding, tetapi juga pada keramik lantai rumah. Bagian yang kerap dipijak ini bisa saja sedikit pecah atau pudar warnanya.

thinkstock/ferlistockphoto Ilustrasi wanita membersihkan rumah

Sebagai solusi, karpet bisa digunakan untuk menutupi bagian tersebut. Cara ini lebih hemat dibandingkan mengganti seluruh ubin.

Agar lebih hemat lagi, tak perlu membeli karpet baru jika yang lama di rumah masih layak pakai. Namun, kebersihan karpet lama ini tetap harus diperhatikan.

Meski debu di karpet sudah rutin dibersihkan dengan penyedot debu, sebaiknya karpet juga dicuci untuk menghilangkan noda membandel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com