Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mata Puteri Indonesia Kala Naik Panggung Miss Universe

Kompas.com - 11/01/2017, 10:36 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- “Dukungan tanah air bisa menjadi energi positif untuk Puteri Indonesia,” ujar Putri K Wardhani, Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia.

Ditemui dalam acara konferensi pers Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw Goes to 65th Miss Universe, yang diadakan di Graha Mustika Ratu, Jakarta, Senin (9/1/2017) Putri meminta agar partisipasi Puteri Indonesia di Miss Universe tidak dicibir.

Konferensi pers ini diadakan untuk mengantar kepergian Kezia Warouw ke ajang Miss Universe 2017 yang akan berlangsung di Manila, Filipina.

Permintaan tersebut terlontar ketika dia mengingat kembali saat Puteri Indonesia 2004, Artika Sari Devi, meneteskan air mata sebelum naik ke panggung Miss Universe 2005.

Dia bercerita bahwa sebagai Puteri Indonesia pertama yang maju ke ajang internasional tersebut, partisipasi Artika didemo dan tidak diterima.

“Hal itu membuat dia kecil hati, sampai mau naik itu nangis dulu setelah membaca SMS yang menyakitkan,” katanya.

Putri lalu menyamakan Puteri Indonesia dengan atlit yang dikirim ke olimpiade internasional.

Menurut dia, selain memperkenalkan nama bangsa ke seluruh dunia, Miss Universe merupakan kesempatan emas untuk menggerakkan berbagai industri di Indonesia, mulai dari pariwisata, kreatif dan budaya.

Sebab, Puteri Indonesia akan mengenakan busana, aksesori, dan kosmetik Indonesia selama acara berlangsung.

“Bayangkan, lebih dari 100 media akan meliput Miss Indonesia. Eksposur itu kalau dihitung nilainya sangat besar. Jadi inilah keuntungan bagi Indonesia,” katanya.

KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI Artika Sari Devi, ajarkan anak semangat berbagi di momen Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com