Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2017, 10:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com — Sering kali pasangan yang baru memiliki anak merasa bingung mengenai cara mendidik anak dengan baik dan benar.

Seorang psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi atau yang biasa dikenal dengan Kak Seto, berkata bahwa orangtua ibarat petugas tanaman yang sedang menanam bunga.

"Bunga apa pun akan merekah dengan keelokannya jika ditempatkan di tanah yang subur," ujar Kak Seto saat ditemui seusai diskusi parenting dalam acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Dia melanjutkan, bunga tersebut akan tumbuh dengan baik apabila disiram, dirawat, dan dilindungi dari terpaan angin.

Hal ini sama dengan orangtua yang harus membesarkan dan mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang.

"Nah, tanah yang subur adalah keluarga yang ramah anak, keluarga yang betul-betul membuat anak tidak tertekan, tidak stres, penuh dengan kemarahan, dan sebagainya," tambahnya.

Bagi Kak Seto, orangtua tentu tidak mengetahui nantinya anak akan sehebat apa. Oleh karena itu, dengan ditanam di tanah yang subur tadi, tentu bunga akan merekah dengan segala keelokannya.

Ketika orangtua memberikan kenyamanan untuk anak, memahami segala sesuatu tentang anaknya, hal ini merupakan langkah awal yang baik untuk mendidik mereka.

Tidak lupa Kak Seto menekankan, yang terpenting adalah memulai dengan keluarga yang hebat dan ramah anak untuk menjadi Indonesia yang hebat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com