Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Label "Premium Quality" Saat Beli "Sneakers" secara "Online"

Kompas.com - 17/01/2017, 11:02 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Popularitas tren sneakers terus meningkat dan penggemarnya pun semakin ramai. Jika dulu sepatu ini identik dengan koleksi sepatu pria, maka sekarang kaum wanita juga gandrung mengenakannya.

Seiring perkembangan waktu, sistem jual beli pun bergulir modern, yakni lewat situs belanja atau lebih dikenal dengan metode online shopping.

Nah, salah satu kesulitan dalam melakukan online shopping adalah membedakan apakah koleksi impian Anda itu asli atau palsu.

Seorang sneakers head, sebutan untuk seorang pencinta dan kolektor sneakers, Remon Nessa, menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan kala membeli sneakers secara online.

Online shop  yang terpercaya biasanya tidak menjual harga di bawah harga ritel. Jadi, kalau mau beli di online shop juga harus tahu dulu berapa harga sepatu incarannya di toko,” ujar Remon seusai konferensi pers Jakarta Sneakers Day di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Remon, tidak ada orang yang mau menjual sepatu di bawah harga ritel kecuali sepatu yang sudah ada di toko tertentu atau barang yang sudah kena diskon.

Oleh karena itu, Remon kembali mengingatkan bahwa yang paling utama adalah cek harga terlebih dahulu.

Kemudian, Remon juga menjelaskan bahwa umumnya online shop bakal melabeli koleksi sneakers yang tidak asli dengan istilah-istilah yang bisa memanipulasi pembeli. 

“Banyak istilah yang mereka samarkan. Jadi, kalau asli, mereka akan tulis original. Namun, kalau tidak asli, maka biasanya disamarkan dengan menggunakan istilah premium quality, atau embel-embel lainnya di belakangnya,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com