Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2017, 21:05 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Banyak orang mengatakan bahwa peraturan memang diciptakan untuk dilanggar, tetapi apakah hal ini berlaku juga dalam menjalin hubungan? Ternyata, memang ada beberapa hal yang dapat dimaklumi saat dilanggar dalam menjalin hubungan.

Simak beberapa contohnya di bawah ini untuk mengetahuinya.

Aturan 1: Jujurlah walaupun hal itu menyakitkan

Dalam menjalin sebuah hubungan, kejujuran adalah sebuah kunci yang diperlukan. Memiliki hubungan yang sehat berarti kedua pasangan bisa saling terbuka dan jujur terhadap pasangannya.

Seorang peneliti sosial dan juga penulis buku Kindness Challenge: Thirty Days to Improve Any Relationship, Shaunti Feldhahn, berkata bahwa jujur adalah hal  yang baik, tetapi jangan brutal dalam berkomunikasi.

Anda masih harus mengolah semua kata-kata yang akan diucapkan saat berkomunikasi dengan pasangan. Lalu, Anda juga harus menjaga perasaannya, bahkan di saat berdebat sekalipun.

Ingat, kadangkala berbohong demi kebaikan masih diperlukan dalam menjaga keharmonisan hubungan Anda.

Aturan 2: Siapapun yang bersalah harus meminta maaf terlebih dulu

Walaupun Anda sangat yakin bahwa perdebatan yang terjadi disebabkan oleh kelalaian pasangan, bukan berarti pasangan harus selalu meminta maaf atas kesalahannya.

Jadilah pasangan yang berbesar hati dengan melupakan kesalahan pasangan sebelum si dia meminta maaf. Coba komunikasikan dengan nada yang rendah dan diskusikan perdebatan tersebut tanpa bermaksud untuk memojokkan pasangan.

Dengan begitu, pasangan akan dapat mengakui kesalahannya dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.

Aturan 3 : Selalu pria yang membayar

Memang ada waktunya ketika pria merasa ingin bisa diandalkan, tetapi ternyata pria juga merasa keberatan kalau harus selalu membayar setiap kali bepergian dengan pasangannya.

Akan sangat baik bila sekali-sekali Anda menawarkan diri untuk membayar tagihan makan malam . Dengan begitu, pria akan merasa diperhatikan, kata seorang pakar hubungan di New York, Jane Greer, PhD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com