Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karier Jadi Alasan Pria Korea Selatan Pakai "Make Up"

Kompas.com - 19/01/2017, 14:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Ketika seorang wanita menggunakan make up tentu tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hal ini juga terjadi pada para pria di Korea Selatan yang lebih percaya diri saat menggunakan make up.

Selama lima tahun terakhir, terjadi lebih dari 80 persen peningkatan penjualan produk perawatan kulit pria di Korea Selatan.

Diwawancari oleh Fairfax Media, alasan salah seorang pria Korea Selatan menggunakan make up adalah untuk menarik perhatian wanita. "(Aku merasa) lebih mudah untuk mendapatkan wanita saat percaya diri," ujarnya.

Lalu, selain menarik perhatian wanita, ternyata alasan lainnya adalah untuk terlihat lebih rapi saat wawancara kerja.

“Ketika menghadiri wawancara kerja, tentu Anda juga harus terlihat lebih rapi,” ujar Baek Do Hyun, salah satu mahasiswa hukum di Korea Selatan, saat diwawancarai oleh Sydney Morning Herald.

Untuk memberikan kesan yang lebih baik dan lebih tampan, Do Hyun pun menggunakan make up seperti alas bedak.

Dia mengakui, alas bedak dapat memberikan tampilan yang lebih alami dan bisa menutupi kekurangannya sehingga membuat dirinya menjadi lebih percaya diri.

Eric Min, redaktur Glossy Men’s Magazine, juga mengonfirmasikan hal ini.

“Di Korea Selatan, orang yang muda dan aktif dianggap memiliki kualitas yang sangat menarik sehingga mereka bisa mendapat poin tambahan jika terlihat lebih muda saat wawancara kerja," ujarnya kepada The Washington Post.

Walaupun kini pria yang memakai make up cukup sering ditemukan di Korea Selatan, tetapi kosmetik warna seperti lipstik dan perona mata ataupun pipi bukanlah normanya.

Produk-produk yang populer adalah toner, losion, BB cream, dan alas bedak yang berfungsi untuk menciptakan tampilan kulit yang natural dan rapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com