Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Prinsip Penting yang Wajib Disimak Semua Orangtua

Kompas.com - 19/01/2017, 15:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Pengasuhan adalah salah satu aspek penting dalam peran orangtua. Menjadi orangtua berarti Anda harus bisa mencintai buah hati dengan lebih baik dan harus mau untuk terus belajar.

Najelaa Shihab, pendidik sekaligus pendiri dari Keluarga Kita, menjelaskan beberapa prinsip yang bisa orangtua praktikkan dalam pengasuhan anak.

“Pertama, bahwa pengasuhan sebenarnya itu tujuanya jangka panjang, tetapi banyak orangtua yang melihatnya jangka pendek,” ujar Najelaa dalam diskusi parenting dalam acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Sebagai contoh, banyak orangtua yang hanya memikirkan bagaimana anak bisa makan banyak, bukan bagaimana agar anak bisa memilih makanan sehat sendiri atau punya pola makan yang baik.

“Kedua, kita percaya orangtua harus selalu punya harapan yang tinggi sama anak,” jelasnya.

Harapan tinggi ini harus dimiliki oleh orangtua. Mereka harus percaya bahwa anaknya bisa, walaupun pada saat tersebut dia tahu anaknya belum bisa melakukannya.

Terakhir, orangtua harus selalu cinta. Cinta ini, dijelaskan Najelaa, merupakan sebuah singkatan dari "cari cara, ingat impian tinggi, nerima tanpa drama, tidak takut salah, dan asyik main bersama".

Untuk itu, orangtua harus mencoba berbagai macam cara dalam mendidik anak. Lalu, orangtua harus punya harapan yang tinggi pada anak dan menerima anak apa adanya.

Tidak hanya itu, orangtua juga tidak boleh takut salah. Sebab, tidak segala hal yang dilakukan oleh anak dan orangtua akan selalu sempurna. Hal ini merupakan sebuah proses pembelajaran bagi semua pihak.

Terakhir, selagi belajar, usahakan untuk selalu asyik bersama anak sehingga melahirkan hubungan yang harmonis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com