Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2017, 17:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Menjadi seorang ibu yang bijak tidaklah mudah. Selain memberikan kasih sayang dan dukungan pada keluarga, ibu bijak juga dituntut untuk pandai mengatur keuangan keluarga.

Salah satu cara menghemat pengeluaran adalah dengan membeli bahan makanan dalam jumlah banyak. Namun, seringkali bahan makanan ini rusak di dalam kulkas sebelum sempat digunakan.

Untuk menghindari hal tersebut, AO.com mengungkapkan lima trik yang telah lama digunakan oleh ibu bijak untuk membuat bahan makanan menjadi lebih awet:

1. Buka kemasan salad agar tetap segar

Sayuran untuk salad adalah bahan makanan yang umurnya paling pendek.

Untuk membuatnya bertahan lama, buka kemasan dan simpan sayuran salad dalam mangkuk sendiri-sendiri. Setelah itu, tutup rapat untuk mencegah kelembapan yang membuat bahan salad menjadi busuk.

2. Jauhkan bawang jauhkan dari cahaya

Anda bisa menyiapkan wadah seperti keranjang bambu untuk menyimpan bawang putih dan bawang merah. Dengan demikian, bawang memiliki cukup ventilasi, tetapi juga terlindungi dari cahaya.

3. Simpan potongan daun bawang dalam botol

Untuk membuat irisan daun bawang tetap awet, simpan dalam botol kosong dan masukkan ke dalam freezer.

4. Simpan wortel dalam alumunium foil

Setelah dikupas, Anda bisa menyimpan wortel dalam alumunium foil di kulkas. Trik ini akan memperpanjang usia wortel hingga dua minggu.

5. Jangan mencuci buah hingga waktunya dikonsumsi

Sebaiknya hindari mencuci buah jika Anda tidak akan mengonsumsinya dalam waktu dekat. Sebab, kelembaban pada buah akan mendorong pertumbuhan jamur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com