Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2017, 19:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Wanita dan sahabatnya seringkali lebih dekat daripada saudara kandung. Mereka selalu berbagi cerita, tawa, dan tangisan.

Akan tetapi, sedekat apa pun Anda dengan sahabat, ada beberapa hal yang tidak harus diceritakan mengenai hubungan dengan pasangan, di antaranya sebagai berikut ini:

1. Kehidupan seksual

“Kehidupan seksual adalah masalah pribadi dan banyak orang yang cenderung tidak terlalu jujur mengenainya hanya untuk menjaga kelancaran percakapan,” kata Irina Firstein, terapis pasangan di New York.

Ketika Anda menceritakan kehidupan seks bersama pasangan kepada sahabat, belum tentu masalahnya akan terselesaikan. Bahkan, bisa jadi opini sahabat malah memperburuk situasi.

2. Ketika saudara ipar mengganggu Anda

Salah satu bahan gosip hangat di kalangan wanita adalah keluhan tentang ibu mertua atau pun saudara ipar. Namun, menurut Firstein, sebaiknya Anda tidak menceritakan hal ini kepada teman.

Sebab, setiap keluarga memiliki masalah yang berbeda-beda dan hal terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah membicarakan dengan pasangan Anda.

3. Ketika salah satu dari Anda berbohong

“Saat Anda atau dia melakukan tindakan menyimpang di luar hubungan, maka Anda harus diam,” kata Firstein.

Jangan ceritakan kesalahan dalam hubungan Anda dan pasangan kepada orang lain. Bukannya menyelesaikan masalah bisa jadi Anda dan pasangan malah jadi buah bibir.

Jika Anda harus menceritakannya pada orang lain, gunakan layanan terapis untuk menyelesaikan masalah ini tanpa ada penghakiman.

4. Masalah keuangan

Keuangan adalah salah satu masalah yang personal. Bahkan, menurut Firstein, masalah keuangan bisa menjadi pemicu terjadinya perceraian. Jadi apa pun yang terjadi pada keuangan Anda dan pasangan, sebaiknya jangan ceritakan kepada teman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com