Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biarawan Buddha Ini Tekuni Karier sebagai Penata Rias Profesional

Kompas.com - 25/01/2017, 19:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Nextshark

KOMPAS.com Kodo Nishimura bukanlah seorang biarawan Buddha pada umumnya. Selain mendedikasikan waktu untuk mempelajari ajaran Buddha, meditasi, kesabaran, dan menerapkan perbuatan baik dalam keseharian, Kodo juga menekuni ilmu cosmetology.

Cosmetology adalah ilmu mengenai teori dan praktik seni kecantikan.

Kodo tidak main-main dalam mengembangkan karier sebagai penata rias. Sebab, barisan kliennya kebanyakan figur publik, terutama para finalis kontes kecantikan, mulai dari Miss USA hingga pergelaran busana internasional lainnya.

Pilihan karier Kodo ini cenderung tidak biasa untuk seorang biarawan.

Pasalnya, biarawan diajarkan untuk menjauhi diri dari kehidupan glamor dan mewah. Namun, mengenai kontradiktif tersebut Kodo memiliki penjelasan yang logis.

“Sebagai seorang biarawan Buddha, aku ingin semua orang hidup bahagia dalam harmoni yang seimbang. Aku percaya bahwa kosmetik pun memberikan kebahagiaan pada banyak orang. Nah, ketika Anda merasa bahagia, maka mudah untuk Anda berbuat baik pada orang lain. Pemikiran ini memberikan hubungan yang jelas,” urai Kodo.

Dia juga mengatakan bahwa gurunya sangat mendukung kariernya sebagai penata rias.

“Tidak ada yang salah ketika Anda mengantarkan kebahagiaan pada orang banyak,” imbuhnya mengutip ucapan sang guru.

Kodo, yang juga memublikasikan bahwa dia seorang pria homoseksual pada sebuah pemotretan di Jepang, mengatakan bahwa minatnya pada kosmetik membuat hidupnya lebih bermakna ketika melihat hasil kerjanya membuat klien bahagia.

Selain mendandani sejumlah klien dan ratu kecantikan, Kodo juga menyempatkan diri menghadiri seminar gratis mengenai tata rias wajah kepada komunitas LGBT di Jepang.

“Saat aku terlibat dalam pemotretan di Jepang, aku bertemu banyak orang transjender yang tidak familiar dengan kosmetik. Aku berharap ilmu yang aku pelajari bermanfaat untuk mereka,” pungkasnya.

Sekarang, karena tuntutan pekerjaan, Kodo harus bolak-balik bepergian ke New York dan Tokyo, tidak hanya untuk memenuhi pekerjaan sebagai penata rias dan biarawan, tetapi juga untuk menghadiri sejumlah seminar kosmetik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Nextshark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com