Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Perawatan Kulit ke Dokter Bikin Ketergantungan?

Kompas.com - 26/01/2017, 11:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Walaupun telah berkali-kali disarankan untuk melakukan perawatan wajah ke dermatolog, wanita Indonesia seringkali merasa waswas untuk menginjakkan kaki ke klinik kecantikan kulit.

Banyak yang mengira atau pernah mendengar rumor bahwa perawatan wajah ke dermatolog dapat menyebabkan ketergantungan.

Seorang dermatolog dari Celv Clinic, dr Ruri D Pamela, SpKK yang ditemui dalam acara Celv Clinic Media Launching di Kristal Hotel, Jakarta, Selasa (24/1/2017) meminta wanita untuk tidak mengkhawatirkan hal tersebut.

“Kata ‘ketergantungan’ itu adalah kosakata baru di bidang estetika di Indonesia ini. Jadi sebenarnya tidak ada yang namanya ketergantungan untuk treatment apapun,” ucapnya.

Menurut dr Ruri, apa yang biasanya disebut ketergantungan ini adalah ketika kondisi kulit kembali seperti semula setelah berhenti perawatan wajah.

Hal ini tidak berarti bahwa kulit telah tergantung atau kecanduan pada perawatan tersebut. Namun, tanda-tanda proses penuaan yang selalu terjadi tampak lebih jelas ketika perawatan dihentikan.

Mengibaratkan kulit seperti sebuah mobil, dr Ruri berkata bahwa mobil yang rajin dipoles tentu akan tampak lebih indah. Namun, ketika lupa atau tak lagi dipoles, tentu penampilan mobil akan menurun kembali.

Oleh karena itu, dia pun menyarankan wanita untuk melakukan perawatan wajah secara teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com