Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Rambut Bisa Lebih Tebal Hanya Pakai Sampo?

Kompas.com - 29/01/2017, 14:03 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com – Salah satu masalah kecantikan yang acap kali dialami banyak wanita adalah rambut rontok dan menipis.

Selain perawatan seperti creambath dan spa, tak sedikit wanita yang mengandalkan sampo yang menjanjikan hasil rambut tebal sebagai solusi.

Namun, sebenarnya apakah rambut benar-benar bisa lebih tebal hanya dengan pakai sampo?

Menurut Desmon J Tobin, seorang profesor biologi dan direktur pada Centre for Skin Sciences di University of Bradford, Inggris, sampo dan kondisioner tidak benar-benar bisa menghasilkan rambut lebih tebal serta menamatkan masalah rambut pecah-pecah.

Dia mengatakan bahwa sejumlah produk sampo dan kondisioner hanya “memanipulasi” rambut sehingga terlihat lebih tebal dan bervolume.

“Beberapa produk membuat helai rambut terlihat lebih tebal dan bercahaya karena kandungan sampo menjadikanny lebih mudah diatur sehingga tampak lebih tebal, tetapi rambut Anda tidak bisa tiba-tiba saja tebal hanya pakai sampo,” urai Prof Tobin.

Hasil rambut tebal karena kandungan sampo yang terpapar pada helai rambut meninggalkan serat yang berfungsi untuk membuatnya terlihat lebih tebal, tapi yang sebenarnya terjadi rambut tidak mengalami peningkatkan ketebalan.

“Beberapa produk menjamin bisa mengubah rambut tipis jadi tebal. Namun, proses yang sesungguhnya terjadi adalahan penambahan serat dari kandungan sampo pada helai rambut yang akan hilang saat keramas,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com