Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2017, 11:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com -- Minat masyarakat Indonesia terhadap sepasang sepatuolahraga (sneakers) ternyata telah menambahkan satu fungsi lagi terhadap produk mode ini, yaitu sebagai barang investasi.

Hal ini diungkapkan oleh Triangga, Founder Jakarta Sneaker Day, kepada Kompas.com, saat diwawancarai dalam acara Jakarta Sneaker Day 2017 di Senayan City Jakarta, Sabtu (28/1/2017).

“Sepatu sangat bisa untuk dijadikan sebuah investasi, misalnya saja harga ritel Rp 3 juta, kemudian terjual dengan harga Rp 100 juta, tentu itu sudah termasuk ke investasi,” ujar Triangga,

Dia melanjutkan, ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan harga sepasang sepatu melambung tinggi.

Salah satunya adalah banyaknya permintaan sepatu yang melebihi jumlah produksinya. Kemudian, bisa pula karena sebuah brand berkolaborasi dengan orang-orang ternama.

“Hal-hal ini tentu sangat berpengruh. Selain itu, sejarah dari sepatu itu juga bisa mempengaruhi dan membuat harga menjadi naik,” ucapnya.

Triangga lalu menjelaskan, dalam sepatu sendiri ada istilahnya Brand New in Box (BNIB) yang artinya masih baru dan belum dipakai sama sekali.

Lalu, Very Near Deadstock (VNDS) yang artinya sudah dipakai tetapi tidak sering, seperti halnya hanya digunakan untuk foto.

Menurut Triangga, sepatu yang sama sekali belum dipakai ini memiliki nilai yang lebih tinggi pada saat dijual nanti bila dibandingkan dengan sepatu yang sudah sering dipakai.

Ditambah lagi jika sepatu tersebut ternyata merupakan edisi terbatas atau sudah tidak dijual lagi, bisa dipastikan bahwa banyak orang akan berani membelinya dengan harga yang lebih mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com