Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2017, 14:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Di Indonesia, banyak wanita yang mengeluhkan beberapa masalah akibat kerudung yang digunakannya, terutama bau yang tidak sedap.

“Ketika wanita berhijab dan banyak melakukan aktivitas di luar, jangan pakai kerudung yang sama hingga dua atau tiga kali pakai,” ujar Dian Pelangi, perancang busana Indonesia, saat diwawancarai usai konferensi pers Wardah Road to Indonesia Fashion Week 2017 di Jakarta, Senin (30/1/2017).

Dia melanjutkan, mengenakan kerudung hingga dua kali tentu akan menyebabkan bau yang tidak sedap karena keringat dan debu yang menempel.

“Jadi sekali pakai saja, lalu harus langsung dicuci,” tambahnya.

Lalu, selain memerhatikan durasi pemakaian, wanita berhijab juga harus selektif dalam memilih bahan kerung.

“Pilih bahan kerudung yang light (ringan) dan airy (sejuk) sehingga sirkulasi udara lancar, tetapi jangan transparan,” ujarnya.

Kemudian, jika Anda menggunakan lapisan lain seperti dalaman sebelum menggunakan, Dian juga mengingatkan untuk berhati-hati.  Jika terasa sudah lembab, sebaiknya cepat ganti dalaman kerudung.

Terakhir, yang harus diingat adalah tidak menggunakan kerudung ketika rambut Anda masih dalam keadaan basah. Hal ini membuat rambut dan kerudung sulit mengering dengan sempurna dan menyebabkan bau yang tidak enak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com