Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Film “Superhero” Bisa Buat Anak Jadi Agresif

Kompas.com - 01/02/2017, 11:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Spiderman, Captain America, dan Iron Man mungkin berperan sebagai orang yang baik dalam kisahnya. Namun, ternyata mereka bukanlah contoh yang tepat untuk anak Anda.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Abnormal Child Psychology menghubungkan eksposur superhero dengan meningkatnya agresifitas pada anak.

Ternyata, bukannya meniru pesan moral idolanya yang membela kebajikan, anak-anak lebih menyerap kekerasan yang terkandung di dalamnya.

Hasil ini didapatkan setelah para peneliti di Brigham Young University mempelajari 240 anak yang belum masuk sekolah. Mereka menanyakan karakter superhero kesukaan anak-anak tersebut dan alasannya.

Setidaknya satu dari lima anak menyebut keahlian dan kekuatan superhero untuk bertarung dan membunuh sebagai alasannya. Sebaliknya, hanya 10 persen yang mengidolakan superhero karena melindungi karakter lain.

Para peneliti lalu mempelajari orangtua dari partisipan dan menemukan bahwa anak-anak yang sering menonton film superhero juga lebih mudah terlibat dalam perkelahian dan tindakan agresif lainnya.

Walaupun demikian, penulis utama studi ini, Sarah M Coyne, tidak melarang anak-anak untuk menonton film superhero.

Dia menyarankan orangtua untuk mendampingi dan membantu anak-anak menyerap pesan moralnya. Lalu, orangtua juga berkewajiban untuk mengurangi fokus anak pada kekerasan dalam film-film yang mereka tonton.

“Sebenarnya, karakter superhero sendiri memiliki berbagai kualitas yang baik dan positif, jadi aku akan berfokus pada hal-hal tersebut dan meminimalisir fokus pada kekerasannya,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com