Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Tanggapi Teman Media Sosial yang “Lebay” Beropini soal Politik

Kompas.com - 03/02/2017, 07:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com – Media sosial atau jejaring sosial telah menjadi sarana alternatif untuk para pendukung dan simpatisan paslon pilkada dalam mengekspresikan ragam pendapat sekaligus curahan hati.

Tak bisa dimungkiri, terkadang ada beberapa netizen yang berlebihan dalam menyuarakan opini sehingga terbentuklah sikap diskriminatif dan bermusuhan pada mereka yang dianggap tidak sepaham.

Adu argumen pada media sosial memang tidak ada garis batas yang jelas. Ibarat pertandingan tinju tanpa kehadiran wasit. Sangat berbahaya.

Kondisi ini pun, suka tidak suka, bisa menyebabkan banyak orang stres, tertekan, atau terintimidasi.

Anda yang ingin terhindar dari efek buruk kebebasan berekspresi tanpa aturan di media sosial, berikut tiga langkah yang bisa Anda terapkan dalam keseharian:

Seleksi teman di media sosial
Anda tidak mau menghapus beberapa teman yang cenderung menebar kebencian di media sosial, maka Anda bisa menyeleksi mana teman yang tampil mengisi timeline media sosial.

Pada media sosial Facebook, Anda bisa menggunakan fitur “Unfollow” untuk menghentikan aliran informasi dari teman tersebut pada timeline. Lalu, pada Twitter, Anda bisa mengaktifkan fitur “mute” pada teman tersebut.

Baca buku saja
Anda mungkin sudah melupakan betapa menenangkannya membaca buku dengan topik favorit Anda.  

Ambil buku bacaan ringan yang bisa mengundang tawa, ketimbang membuka media sosial yang Anda tahu hanya akan membuat pikiran semakin stres dan emosional.  Sayangi diri Anda.

Hapus aplikasi media sosial dari ponsel
Anda tak perlu selalu terhubung dengan media sosial 24 jam, terutama jika media sosial Anda tidak Anda gunakan untuk bekerja dan kegiatan profesional lainnya.

Jadi, jika Anda bisa, hapus saja aplikasi media sosial dari ponsel Anda untuk mengurangi beban pikiran dan pengaruh emosional yang tidak penting.

Mengahapus media sosial setidaknya memberikan ruang bernapas untuk Anda tidak melihat atau membaca segala berita dan status mengandung kepetingan politik yang menebarkan kebencian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com