Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2017, 14:36 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh orangtua adalah anak yang sulit tidur. Selain menganggu waktu istirahat orangtua, anak juga bisa jatuh sakit karena kurang tidur.

Berikut adalah tiga langkah agar buah hati tercinta dapat tidur lebih cepat:

1. Tidurkan lebih awal

Menurut Elizabeth Pantley, penulis buku No-Cry Sleep Solution, anak yang terlihat masih aktif hingga pukul 22.00 biasanya sudah siap untuk tidur beberapa jam lebih awal.

Ajak anak ke tempat tidur lebih awal dan Anda akan terkejut seberapa cepat si kecil tertidur walaupun baru saja berlari-larian.

2. Matikan lampu

Mungkin anak butuh ritual khusus untuk tidur. Kevin Smith, PhD, seorang psikolog klinis untuk anak-anak menyarankan orangtua untuk mematikan lampu setidaknya satu jam sebelum waktu tidur anak.

“Hal ini juga berlaku untuk semua jenis elektronik dengan layar seperti ponsel dan televisi. Penelitian membuktikan bahwa pencahayaan elektronik dapat membuat anak lebih sulit tidur,” ujarnya.

Jika anak takut dengan kegelapan, pasang lampu kecil untuk menemaninya.

3. Biarkan anak tidur siang

Banyak orangtua yang beranggapan bahwa tidur siang membuat anak terjaga di malam hari. Namun, Pantley berkata sebaliknya.

“Walaupun sudah tidur nyenyak di malam hari, anak-anak bisa merasa lelah dan membutuhkan tidur siang untuk segar kembali,” katanya.

Selain itu, tidur siang juga melepaskan hormon yang dapat melawan stres sehingga tidur malam anak bisa menjadi lebih nyenyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com