Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pernikahan Langgeng dan Bahagia? Rahasianya Tidur Bareng

Kompas.com - 05/02/2017, 20:22 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber DNA India

KOMPAS.com – Sebuah studi dari Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bahwa kualitas tidur bersama suami dan istri memengaruhi suasana rumahtangga.

Sebab, studi menyebutkan bahwa suami istri yang sering tidur malam bersama dan cukup tidur lebih bahagia dan optimis pada pernikahan yang mereka jalani.

Studi yang diproduksi oleh sejumlah peneliti di Florida State University, menguraikan bahwa kebiasaan tidur malam yang dianggap sepele oleh pasangan suami istri justru kunci kebahagiaan.

Peneliti mempelajari fungsi tidur pada keseharian manusia, termasuk daya konsentrasi, kebahagiaan, dan kepuasaan dalam pernikahan.

Peneliti bahkan menuliskan bahwa satu dari tiga pernikahan yang bermasalah ditemukan terjadi masalah sulit tidur pada salah satu pasangan.

Studi yang melibatkan 68 pasangan pengantin baru ini melakukan eksperimen selama tujuh hari. Lalu, setiap hari, pasangan diminta untuk mencatat lama waktu tidur.

Selanjutnya, mereka juga harus secara jujur menuliskan pendapat dan pandangan mereka soal pernikahan yang baru dijalani tersebut.

Hasilnya, pasangan suami istri yang tidur lebih lama dalam satu ranjang mengaku bahwa mereka merasa bahagia saat terbangun dan selama beraktivitas sepanjang hari.

Sebaliknya, pasangan yang kurang tidur justru terlihat berjarak dan sering berselisih pendapat.

“Penemuan kami ini memiliki pesan penting bahwa jangan menyepelekan tidur. Sebab, kurang tidur terbukti bisa memberikan pengaruh buruk pada keberlangsungan sebuah hubungan,” ujar Heather Maranges, rekan penulis studi.

Studi ini telah dipublikasikan dalam Journal of Family Psychology.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DNA India
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com