Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 “Biang Kerok” yang Bikin Anda Masih Terjaga Lewat Tengah Malam

Kompas.com - 07/02/2017, 21:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber She Knows

KOMPAS.com — Penampilan kulit yang segar dan memikat membutuhkan lebih dari rangkaian perawatan kulit terbaik dan rutinitas. Anda juga harus mulai memperbaiki kebiasaan yang sering dilakukan sebelum waktu tidur.

Pada era digital, kegiatan harian tak lepas dari ragam komunikasi ponsel pintar. Alhasil, tanpa Anda sadari, pikiran susah untuk berkompromi rileks.

Berikut tiga pemicu yang membuat Anda sulit terlelap pada malam hari:


1. Main media sosial
Hentikan mengunggah foto atau sekadar kepo di media sosial. Sebab, menatap layar yang menyala di kamar redup cahaya menyebabkan mata Anda mengalami ketegangan dan sulit untuk beristirahat.

Selain itu, main media sosial sebelum tidur membuat Anda terbangun dengan kondisi mata lelah.

2. Beban pikiran
Peneliti dari University of Massachusetts Amherst menemukan bahwa emosi negatif bisa tersimpan dalam tidur Anda, bahkan bisa meningkat, apalagi jika ada pemicunya sebelum tidur.

Jadi, pastikan semua hal yang memancing emosi sudah mereda sebelum tidur.

3. Pekerjaan
Semua aktivitas ada batasannya, maka begitu juga dengan pekerjaan Anda. Mungkin pekerjaan Anda belum selesai hari itu. Dengan demikian, berjanjilah dan tepati untuk merampungkan pekerjaan itu esok hari.

Hindari menyelesaikan pekerjaan di atas ranjang karena bisa membuat alam pikiran Anda selalu merasa bahwa Anda masih saja bekerja, meski tidak menyadarinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com