Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Penuaan Sudah Dimulai pada Usia 25 Tahun

Kompas.com - 08/02/2017, 15:14 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Saat usia bertambah, tentunya kulit tubuh dan wajah kita pun akan mengalami penuaan. Untuk mencegah penuaan dini, Anda membutuhkan perawatan secara rutin untuk kulit.

Seperti yang diungkapkan oleh dermatolog, dr Sari Chairunnisa, SpKK, perawatan wajah dengan penggunaan produk yang tepat sebagai pelindung terhadap agresi kulit sangatlah penting.

“Kulit, pada umumnya, akan mulai menua pada usia 25 tahun,” ujar dr Sari saat acara talk show Wardah, Great Skin Great Make Up, di Indonesia Fashion Week 2017, Jakarta, Sabtu (4/2/2017).

Dia melanjutkan, untuk itu sangat penting sekali menggunakan perlindungan kulit, seperti menggunakan pelembab untuk memperlambat proses penuaan ini.

Namun, selain pelembab, Anda juga membutuhkan perlindungan terhadap sinar matahari yang merupakan penyebab utama penuaan dini pada kulit.

Sebagai praktisnya, dr Sari pun menganjurkan untuk menggunakan pelembab yang sudah mengandung SPF.

“Pelembab dengan kandungan sunscreen itu merupakan item wajib,” ucapnya.

Dokter juga menyarankan untuk menggunakan krim malam dan serum secara intensif sebelum usia Anda menginjak 25 tahun sebagai pencegahan.

Memang pada dasarnya tidak ada kata terlambat untuk merawat kulit, tetapi dr Sari menekankan bahwa akan lebih baik untuk memulai merawat dan memperhatikan kulit sejak dini, apalagi untuk wanita-wanita yang memiliki aktivitas di lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com