Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Elegan Bangkit Kembali Setelah Momen Memalukan

Kompas.com - 10/02/2017, 11:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Momen memalukan seperti berbicara melewati batas, salah menyapa orang, atau terpeleset di tengah pesta biasanya datang tiba-tiba dan baru disadari setelah terjadi.

Pertanyaannya adalah bagaimana solusi terbaik untuk bangkit kembali dari momen memalukan tersebut?

Menurut dosen psikologi di John Jay College, Joshua W Clegg, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengakui situasi tersebut melalui humor dan tawa.

“Jika Anda memberikan respons yang menghindarinya, justru rasa canggung akan semakin terasa dan lama,” ujarnya.

Melalui humor dan tawa, Anda justru akan menyadari bahwa momen memalukan tersebut ternyata bukanlah sesuatu yang penting untuk diingat-ingat oleh Anda dan orang lain.

Dari sana, Anda dapat kembali bersosialisasi seperti biasa tanpa perlu mengingatkan lawan bicara mengenai kejadian tersebut.

Namun, jika Anda tetap merasa malu hingga keesokan harinya, maka pelajaran kedua adalah menerima bahwa kesalahan bisa terjadi kepada siapapun, termasuk diri Anda sendiri.

Seperti yang diungkapkan oleh psikolog di Harvard Medical School, Susan David, PhD, kepada Fast Company, bagian terpenting dari melewati rasa malu adalah melatih untuk mengasihi dan memaafkan diri sendiri.

“Ketika Anda menyadari bahwa Anda hanyalah manusia biasa yang tidak sempurna, seperti manusia lainnya, Anda akan mendapatkan izin untuk melepaskan rasa malu di masa lalu dan menerima usaha yang telah dilakukan,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com