Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancang Busana Pemula Juga Harus Pintar Bisnis

Kompas.com - 12/02/2017, 15:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Sebagai perancang busana pemula, tentu ada begitu banyak tahapan yang harus dipelajari.

Sebelumnya, perancang busana Barli Asmara berkata bahwa perancang busana pemula harus konsisten dan disiplin untuk bisa sukses.

Kali ini, dia menambahkan bahwa perancang busana pemula juga harus mengetahui dan mahir dalam strategi berbisnis sehingga dapat mengembangkan karyanya.

“Strategi bisnis bisa dilakukan mulai dari segi online, diantaranya e-commerce dan market place,” ujar Barli usai talkshow “The Journey of Wardah Fashion Award” dalam Indonesia Fashion Week 2017 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dia melanjutkan, perancang busana pemula juga harus bisa menjual secara langsung, kemudian beli putus, franchise, melihat komunitas-komunitas dan industri mana yang akan didekati, juga pemilihan ikon dari brand mereka.

Namun, bagi Barli sendiri, hal yang paling ekonomis adalah berjualan secara online dan ada tiga hal penting yang harus ditanamkan para perancang pemula.

“Ada tiga hal penting, yaitu harus hidup sehat, planning sehat, dan bisnis sehat,” ucapnya.

Menurut Barli, bisnis online sebenarnya cukup murah. Anda tinggal membuat contoh kira-kira dua lusin. Kemudian, membuat dua atau tiga artikel dalam media sosial seperti Instagram.

Lalu, jika perancang busana pemula ini memiliki website sendiri, maka bisa mengunggah video dan identitas mereka sehingga membuat orang-orang tertarik dan ingat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com