Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Alas Bedak Lebih dari Satu, Harus Banget?

Kompas.com - 13/02/2017, 08:06 WIB
Kontributor Female, Dian Tanjung Sari

Penulis

KOMPAS.com -- Anda memakai alas bedak karena ingin kulit  wajah terlihat tanpa cela. Namun, banyak juga di antara wanita yang gagal menghindari satu dari enam kesalahan umum seputar penggunaan alas bedak, sehingga menyebabkan warna wajah jauh dari kesan sempurna.

Berikut adalah beberapa kesalahan seputar alas bedak yang perlu diketahui untuk memastikan tujuan riasan Anda tercapai.

Warna alas bedak  nyaris sama dengan Skin Tone
Anda berpikir bahwa kombinasi terbaik adalah alas bedak dengan warna yang sama dengan warna kulit wajah Anda? Mungkin saja tidak!

Jika Anda adalah orang yang merasa alas bedak justru membuat Anda terlihat pucat, itu karena gradasi warnanya yang terlalu mirip dengan skin tone Anda atau terlalu pink.

Jadi, sebagai gantinya, carilah gradasi warna alas bedak yang lebih hangat (misalnya yang agak keemasan) dan sedikit lebih gelap dari warna alami kulit wajah Anda.

Tujuannya, supaya mendapatkan hasil akhir yang lebih memesona.

Anda hanya memiliki satu alas bedak
Warna riasan Anda yang berbeda bisa dengan mudah diadaptasikan dengan perubahan warna kulit sepanjang tahun. Anda hanya perlu menyampur alas bedak lebih sering lagi.

Berencana menghabiskan waktu makan siang di luar? Besok bisa jadi warna alas bedak Anda terlihat terlalu cerah.

Untuk memastikan riasan Anda selalu terpulas dengan warna yang tepat, maka miliki setidaknya 2 (idealnya 3) seri warna alas bedak.

Anda menggunakan level coverage yang salah
Tentu saja Anda menginginkan warna wajah yang flawless, tapi mengaplikasikan alas bedak secara penuh ke seluruh wajah sepertinya adalah ide yang buruk, kecuali Anda seorang perias profesional.

Nah, sebagai gantinya, pilihlah alas bedak dengan buildable formula yang ringan.

Pengaplikasian alas bedak secara penuh pada seluruh wajah justru menyembunyikan gradasi warna alami pada skin tone Anda (seperti rona yang sedikit agak gelap di bagian dahi akibat sinar matahari atau area yang lebih cerah di bagian garis rahang) dan membuat warna wajah terlihat flat.

Sebaiknya gunakan alas bedak yang ringan dan kemudian gunakan concealer secukupnya untuk menyembunyikan bagian-bagian yang kurang sempurna.

Anda menggunakan tipe yang salah
Jika Anda memiliki jenis kulit kering, gunakan alas bedak cair yang menghidrasi kulit (jenis alas bedak tabur yang kering atau matte finish cair atau krim bisa tertinggal di kulit kering Anda, sehingga membuat riasan jadi berantakan).

Anda memiliki jenis kulit berminyak? Coba gunakan alas bedak pressed formula atau alas bedak tabur dengan matte finish atau oil control (alas bedak cair bisa membuat wajah terlihat terlalu basah atau gagal meresap ke kulit berminyak).

 

Anda mengaplikasikan ke seluruh wajah
Menggunakan alas bedak ke seluruh wajah hanya akan membuat riasan Anda terlihat sangat tebal.

 

 Sebaiknya, coba aplikasikan alas bedak tipis-tipis dari dahi hingga dagu. Aplikasikan secara tepat ke bagian-bagian wajah yang ingin Anda tutupi dan kemudian baurkan ke bagian wajah lain yang tersisa agar mendapatkan efek yang lebih alami.

Ingatlah, less is more.

 

Anda menggunakan kuas atau Spons
Tentu saja alas bedak Anda memiliki kuas atau spons, tapi bukan berarti Anda harus menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com