Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Selamanya Tidak Akan Bisa Dilupakan, tetapi...

Kompas.com - 16/02/2017, 20:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Banyak pria dan wanita yang salah kaprah dengan arti “move on”. Mereka mengira bahwa melanjutkan hidup kembali setelah berpisah berarti melupakan mantan.

Namun, menurut Lex DePraxis, Love & Relationship Coach di Kelas Cinta, yang ditemui Kompas.com di Jakarta, Senin (6/2/2017), mantan akan selamanya berada di kenangan dan yang berubah adalah rasanya.

Dia menjelaskan, ketika baru ditinggalkan oleh pasangan, rasa sayang dan kehilangan akan sangat kental di hati. Seiring dengan berjalannya waktu, rasanya tidak akan lagi sama walaupun memori si dia masih tetap ada.

Jangan mengira bahwa Anda harus melupakan pasangan untuk dapat melanjutkan hidup. Pemikiran tersebut justru akan membuat Anda jadi sulit move on.

“Indikator move on itu bukannya lupa kecuali amnesia. Indikator move on itu sudah bahagia lagi,” kata Lex.

Jadi, bagaimana cara tercepat untuk move on?

Lex menyarankan untuk menghabiskan waktu maksimal tiga bulan untuk menangis. Setelah itu, Anda harus bergerak cepat dan bertemu dengan banyak lawan jenis baru yang menyenangkan.

“Pokoknya, harus dekat dan merasa bahagia dengan orang baru,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com