Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2017, 13:30 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com – Kehamilan merupakan fase penting dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi agar pintar dan cerdas.

“Gen merupakan penyebab utama dalam meningkatkan kecerdasan anak dan pembentukan karakter. Namun, gaya hidup yang benar selama masa kehamilan juga membantu memprogram pembentukan otak anak semasa masih menjadi janin,” urai Dr Lana Asprey, rekan penulis bertajuk The Better Baby Book.

Dr Asprey mengatakan bahwa sejumlah riset memperlihatkan bahwa faktor gen hanya memainkan peran 50 persen dalam pembentukan otak anak. Lalu, selebihnya adalah pengaruh lingkungan di sekitar bayi.

Berikut lima kebiasan saat hamil yang bisa menstimulasi perkembangan otak janin:

Biasakan membaca buku untuk janin

Kemampuan anak mengenal aksara sudah bisa diajarkan semenjak mereka masih menjadi janin.

Biasakan membacakan buku sewaktu masih mengandung, tepatnya pada trimester ketiga karena janin sudah bisa menyimpan memori hal-hal yang biasa mereka dengar dalam kandungan.

“Periset di Amerika Serikat meminta ibu mengandung membaca sebuah buku. Lalu, ketika bayi lahir dan berusia beberapa bulan, mereka (bayi) bereaksi pada suara ibu mereka yang membaca buku yang biasa mereka dengar semasa menjadi janin,” jelas Dr Miriam Stoppard, pakar pola asuh anak.

Aktif

Tubuh merilis hormon endorfin seusai berolahraga, maka Anda pun merasa bahagia selesai latihan. Kebahagiaan itu menular pada bayi.

Jadi, pastikan Anda tetap berlatih saat hamil untuk mentransfer hormon bahagia pada janin.

Sebuah riset di Harvard University menemukan bahwa ibu yang aktif semasa mengandung bisa meningkatkan perkembangan hippocampus (bagian otak pintar) janin sebesar 40 persen.

Sinar matahari

Luangkan waktu selama 20 menit setiap pagi sebelum pukul 10 pagi setiap hari.

Pakar fertilitas, Zita West, mengatakan bahwa asupan Vitamin D pada ibu hamil yang cukup menguatkan tulang janin dan membuat perkembangan otak bayi lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com