Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Buat Permintaan Maaf Anda Terdengar Palsu

Kompas.com - 27/02/2017, 17:03 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com -- Setiap orang pasti merasa tahu bagaimana cara yang benar untuk meminta maaf agar terdengar tulus, tetapi Anda pasti juga pernah mendengar permintaan maaf yang salah dan terasa tidak tulus.

Mungkin kesalahannya terletak dari nada suara yang tidak tepat atau matanya yang tidak melihat Anda saat meminta maaf.

Di bawah ini adalah beberapa contoh permintaan maaf yang salah:

1. Tidak bersungguh-sungguh

Menurut seorang psikolog, Nikki Martinez, PsyD, satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah meminta maaf tanpa bersungguh-sungguh dan hanya untuk menghentikan pertengkaran.

Permintaan maaf sebaiknya dikatakan dengan sungguh-sungguh. Anda dan pasangan saling mengetahui karakter masing-masing dan tahu bagaimana cara meminta maaf yang tepat untuk menghentikan perdebatan.

Ketimbang hanya meminta maaf tanpa bersunguh-sungguh, Martinez menyarankan untuk lebih mendengarkan dan mencoba membayangkan bila Anda ada di posisinya. Dengan begitu, permintaan maaf akan terdengar lebih tulus dan sungguh-sungguh.

2. Mencoba menjelaskan alasan Anda melakukannya

Ada garis yang tipis antara meminta maaf dan pembenaran atas hal yang dilakukan. Meskipun hal ini hanya untuk menjelaskan bahwa Anda tidak bermaksud menyakiti perasaannya, tetapi ucapan Anda bisa dianggap sebagai alasan.

Jangan menghindar dari kesalahan yang telah Anda lakukan dan cobalah meminta maaf dengan tulus, kata Dominick Hankle, PhD., seorang terapis pernikahan dan keluarga di Regent University.

3. Meminta maaf untuk kesalahan yang sama

Anda harus selalu meminta maaf untuk kesalahan yang Anda lakukan, tetapi Anda tidak boleh melakukan hal yang sama berulang kali. Kalau Anda terus mengulanginya, maka permintaan maaf pun jadi percuma, kata Linda F Williams, MSW, seorang pembicara dan juga pelatih kehidupan.

Permintaan maaf harus diikuti dengan perubahan sikap, tambah Williams. Jadi jangan hanya mengatakan “maaf” tetapi tunjukan juga dengan perbuatan bahwa Anda benar-benar menyesal dan tidak akan melakukannya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com