Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisioner Rambut Itu Perlu Asalkan Anda Paham Aturan Pakainya

Kompas.com - 28/02/2017, 14:02 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Merawat rambut itu merupakan kewajiban yang gampang-gampang susah. Sebab, rambut yang terlihat indah sekali pun bisa jadi memiliki sejumlah masalah.

Sebab, tinggal di iklim tropis seperti Indonesia, rambut pun jadi lebih mudah kering, rontok, dan bercabang karena mudah terpapar polusi dan sinar matahari.

Salah satu perawatan penting dalam menjaga keindahan rambut adalah mengaplikasikan kondisioner yang berfungsi sebagai pelembab.

Cara pakai kondisioner cenderung ringkas dan praktis. Namun, masih banyak wanita yang melakukan kesalahan seperti terurai berikut ini:

Kelamaan memulaskan kondisioner

Baca instruksi pakai pada botol kondisioner Anda. Sebab, terlalu lama meninggalkan kondisioner pada helai rambut bisa menyebabkan rambut lepek.

Nick Arrojo, seorang penata rambut profesional dan pendiri Arrojo Salon di New York, AS, menyarankan pulaskan kondisioner dan tinggalkan selama dua hingga tiga menit.

“Lebih dari tiga menit bisa menyebabkan rambut lemas dan lepek,” ujar Arrojo.

Mengaplikasikan kondisioner dari akar rambut

Akar rambut Anda tidak butuh kondisioner. Sebab, kulit kepala memproduksi sebum, yakni minyak natural yang dibutuhkan oleh rambut.

Selain itu, rambut di bagian akar cenderung berkualitas lebih baik ketimbang ujung rambut. Jadi, pulaskan kondisioner pada bagian tengah helai rambut hingga ke ujung.

“Akar rambut merupakan bagian paling muda dan paling sehat,” jelasnya.

Pusatkan pemakaian kondisioner hanya pada ujung rambut yang memang paling mudah mengikat kotoran dan polusi di sekitar Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com