Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Tidak Perlu Tampan untuk Curi Hati Sang Wanita Idaman

Kompas.com - 03/03/2017, 07:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Nextshark

KOMPAS.com –  Krisis percaya diri tidak hanya dirasakan oleh wanita, tetapi juga para pria. Tak sedikit pria yang merasa kikuk dan tak cukup berani untuk mengekspresikan rasa cintanya pada sang wanita incaran.

Sebaiknya, pria tidak perlu merasa insecure seperti itu.

Sebuah studi telah mengonfirmasi bahwa wanita tidak mencari pria yang tampan tetapi pria yang memiliki perilaku baik dan hangat.

Studi yang dipublikasikan oleh jurnal Evolutionary Psychology di University of Worcester meneliti 202 wanita heteroseksual mengenai preferensi mereka dalam mencari pasangan.

Para wanita diminta untuk membandingkan dua foto yang memperlihatkan, pria tampan dan pria berparas standar.

Kemudian, periset memberikan sejumlah skenario yang berbeda bersamaan dengan memperlihatkan foto tersebut pada masing-masing responden yang terbagi dalam dua kelompok.

Skenario pertama pada foto pria tampan peneliti menjelaskan bahwa pria ini memberikan secangkir teh pada seorang tuna wisma. Sementara itu, pria berwajah biasa saja tidak melakukan hal serupa.

Studi mengungkapkan bahwa kebanyakan responden wanita di kelompok pertama memilih pria tampan. Namun, bukan karena penampilan fisiknya yang menawan, tetapi karena budi baiknya pada sesamanya yang kurang beruntung.

Kemudian, skenario lain diajukan pada kelompok kedua. Pria tampan tidak memberikan secangkir teh pada seorang tuna wisma, sedangkan pria berwajah biasa memberikan secangkir tehnya.

Hasil dari kelompok kedua ini adalah sebagian besar responden memilih pria berwajah biasa karena kepribadiannya yang berhati besar untuk menolong orang lain.

Studi pun menyimpulkan bahwa pria berhati baik dianggap lebih memikat ketimbang pria dengan wajah sedap dipandang.

“Perilaku baik menjadi kunci utama para wanita dalam studi ketika mencari pasangan pria,” tulis kesimpulan studi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Nextshark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com