Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebanyakan Wanita Inggris Tidak Nyaman Saat Berhubungan Seks

Kompas.com - 05/03/2017, 23:20 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com – Studi yang  dipublikasikan oleh BJOG: An International Journal of Obstetrics and Gyanecology terhadap 6.669 responden wanita yang aktif secara seksual menyimpulkan, satu dari 10 wanita Inggris berusia 16 hingga 74 tahun mengaku bahwa merasa tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Rasa tidak nyaman itu disebut juga Dyspareunia, yakni seks yang menyebabkan rasa sakit dan tidak percaya diri pada wanita.

Peneliti menemukan, kebanyakan wanita yang mengalaminya berusia kisaran 55 hingga 64 tahun. Namun, wanita usia 16 hingga 24 tahun juga tidak sedikit yang mengalaminya.

Menurut Kirstin Mitchell, ketua penelitian, ada tiga hal penyebab yang memicu Dyspareunia.

Pertama, kondisi kesehatan yang menurun. Kedua, wanita tidak menikmati pilihan posisi seks tetapi tetap melakukannya demi kebahagiaan suami. Lalu, ketiga adalah wanita berada dalam kondisi stres kala bercinta.

Mitchell mengatakan bahwa kesepakatan berhubungan seksual juga harus meliputi rasa nyaman kedua belah pihak terkait suasana dan posisi bercinta.

Komunikasi, kata Mitchell, menjadi penyebab utama terjadinya rasa tidak nyaman bercinta pada pasangan suami istri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com