Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2017, 11:34 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Salah satu musuh utama wanita kala bepergian atau pun beraktivitas di luar ruangan adalah paparan sinar matahari. Sebab, paparan sinar matahari membuat kulit terbakar dan menjadi lebih gelap.

Untuk mencegahnya, seorang dermatolog, dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, menyarankan untuk rajin menggunakan tabir surya, terutama untuk wanita yang berkulit putih.

“Semakin kulit (bewarna) terang, (tabir surya) yang dibutuhkan juga harus lebih kuat. Sebab, kalau kena sinar matahari, yang (kulit) putih lebih cepat terbakar,” ujarnya dalam acara Nivea Sun Adventure #EnjoyTheSun di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Dia melanjutkan, wanita yang memiliki warna kulit gelap justru lebih beruntung ketimbang mereka dengan warna kulit putih.

“Karena (kulit gelap) perlindungan alaminya sudah cukup besar dibanding kulit putih. Itu reaksi alami untuk proteksi tubuh sendiri,” jelasnya.

Perlindungan yang dimaksud adalah kadar melanin pada kulit.

“Jadi kalau kulit terkena sinar matahari, secara alami dia akan membuat proteksi melanin lebih banyak, gunanya untuk memproteksi agar sel kulit tidak mati,” ucapnya.

Walaupun demikian, Dr Srie tetap menyarankan wanita yang berkulit gelap untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan. Hal ini berfungsi untuk menjaga kulit dari penuaan dini, flek, hingga kanker kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com