Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerjaan Bikin Jengkel dan Stres? Jangan Diam

Kompas.com - 13/03/2017, 07:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Pada era krisis ekonomi seperti sekarang membuat banyak perusahaan menerapkan efisiensi di segala sektor, terutama pengeluaran dan produktivitas.

Oleh karena itu, banyak pekerjaan yang seharusnya dikerjakan dua atau tiga orang, tetapi dibebankan pada satu orang.

Alhasil, terjadilah kondisi overload terhadap banyak karyawan.

“Ide terbaik adalah berkomunikasi dengan bos Anda. Langkah ini bisa jadi membuat Anda tidak nyaman. Jadi, atur rencana sebelum menghadapi atasan Anda,” jelas Sarah Connel, seorang psikolog perusahaan dan pendiri MindingMe Psychologist.

Connel juga menganjurkan agar karyawan yang tengah menghadapi overload untuk tetap tenang dan profesional saat menyelesaikan pekerjaan.

“Mengendalikan emosi saat rapat kerja juga penting. Pusatkan perhatian pada kualitas kerja Anda dan perlihatkan bahwa Anda masih berkomitmen menyelesaikan tugas,” imbuhnya.

Atasan yang baik, kata Connel, cepat bertindak saat anak buah menghadapi masalah berkaitan dengan bagian inti dari tugas yang dibebankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com