Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpan Mutiara Kesayangan Anda di Tempat yang Lembap

Kompas.com - 16/03/2017, 15:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com -- Setelah membeli perhiasan mutiara, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah perawatannya. Sebab, tanpa perawatan yang tepat, mutiara bisa rusak sebelum waktunya.

Nuniek Anurningsih, Pengawas Yayasan Mutiara Laut Indonesia, memberikan beberapa tips untuk merawat perhiasan mutiara kesayangan Anda.

“Mutiara kalau sudah dibeli pasti dipakai, kalau tidak dirawat dia akan kena keringat, nanti bisa merusak mutiaranya,” ujar Nuniek dalam acara Kilau Mutiara dan Pesona Biota Laut Indonesia di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah membersihkan mutiara setiap kali sudah dipakai. Lalu, Anda juga sangat dianjurkan untuk membersihkannya menggunakan kain khusus yang didapat di toko spesialis sebanyak satu atau dua kali dalam setahun.

Kemudian, jauhkan mutiara Anda dari zat asam dan zat yang menguap seperti parfum, hairspray, obat-obatan, dan pengharum udara.

“Mutiara juga jangan disimpan di tempat yang kering. Karena aslinya kan di tempat yang basah, jadi simpan di tempat yang lembab,” ucap Nuniek lagi.

Menyimpan mutiara di tempat yang kering bisa membuat kilauan mutiara menjadi lebih kusam.

Nuniek juga menyarankan, Anda bisa menggunakan kantong ziplock  yang dapat membantu menjaga kelembaban di sekitar mutiara. Naman, jangan lupa untuk sesekali mengeluarkan dari kantong ziplock untuk memberikan kesempatan bernapas.

Terakhir, Nuniek juga meminta Anda untuk rajin menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com