Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpanjang Usia Tas Mewah Anda dengan 4 Tips Ini

Kompas.com - 16/03/2017, 16:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Lebih dari sekadar aksesori mode, tas mewah adalah investasi bagi wanita. Sebab, dengan mengeluarkan sejumlah uang yang tidak kecil nilainya, tentu wanita mengharapkan keuntungan berupa finansial bila dijual kembali atau waktu penggunaan yang lama.

Namun, untuk mendapatkan kedua keuntungan di atas, wanita harus menjaga tasnya dengan baik.

Felin Natalia dan Fricilia Merlin, Pemilik Momoko Bag & Shoes Spa Indonesia yang ditemui di Jakarta, Rabu (15/3/2017), menjelaskan beberapa tips untuk merawat tas mewah agar tahan lama.

1. Jangan simpan di tempat yang terlalu gelap

Fricilia berkata bahwa tempat yang gelap dan lembap bisa merubah warna tas dan membuat kulitnya terkelupas.

Walaupun disimpan di dalam kantung pelindung dari debu yang biasanya diberikan bersama tas mewah sekalipun, tas tetap harus dikeluarkan untuk diangin-anginkan secara rutin.

2. Gunakan lap basah untuk membersihkan tas yang kotor

Dia juga menyarankan untuk menggunakan kain microfiber yang lembap untuk membersihkan tas yang kotor. “Jangan pakai deterjen atau produk kimia lainnya,” katanya.

Felin juga melarang penggunaan minyak putih pada tas kulit. Sebab, minyak putih bisa membuat warna tas pudar atau menghitam.

Dia menambahkan, ada juga yang pakai dettol, itu enggak boleh karena berbahan dasar alkohol yang membuat kulit mengelupas.

3. Bersihkan tas ke tempat servis

Sama halnya dengan  kulit manusia, Felin dan Fricilia berkata bahwa tas juga butuh perawatan lebih. Tempat spa tas seperti Momoko Bag & Shoes Spa menyediakan berbagai servis tas mulai dari pembersihan, perbaikan, hingga perawatan-perawatan agar tas tahan air dan sinar matahari.

Fricilia berkata bahwa tas yang digunakan setiap hari perlu dibersihkan di tempat spa tas dua bulan sekali.

Lalu, berbeda dengan membersihkan tas di tempat laundry, servis tas dan sepatu premium akan membersihkan secara detail dengan produk khusus untuk setiap bagian dari tas.

“Tas itu kan tidak hanya satu bahan saja, ada kulitnya, ada benangnya. Masing-masing butuh perawatan yang berbeda,” ujarnya.

4. Berikan pelindung pada tas agar tahan air dan sinar matahari

Salah satu layanan andalan dari perusahaan servis tas dan sepatu ini adalah Teknologi Nano Coating yang berbahan dasar air dan memberikan lapisan pelindung pada tas yang menyerap hingga ke pori-pori.

Coating (lapisan tersebut) fungsinya untuk menahan air dan juga bisa melindungi dari sinar ultraviolet jadi tasnya nggak mudah pudar,” kata Fenli menjelaskan.

Dia melanjutkan, menjaga transfer warna, misalnya jeans itu kan suka menempel ke kulit. Biasanya kalau sudah tranfer itu tidak bisa dibersihkan dan harus diwarna ulang. Kalau ada coating-nya, tetap transfer warna tetapi lebih mudah untuk dibersihkan.

Felin Natalia menuangkan air dan fanta pada tas yang telah diberi coating

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com