Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2017, 20:05 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com -- Mengalami perpisahan tentunya adalah hal yang sangat menyedihkan. Bahkan, banyak orang yang berkata bahwa putus serasa hati diiris-iris.

Namun, ternyata ada beberapa kesalahan yang bisa membuat putus jadi lebih menggenaskan. Berikut uraiannya:

1. Jangan menunggu terlalu lama

Seorang psikiater dan juga pakar emosi, Katherine Schafler, mengungkapkan bahwa sebelum Anda memutuskan untuk berpisah dengan pasangan, Anda sebenarnya sudah menginginkannya sejak lama dan hanya menunggu waktu yang tepat untuk melakukannya.

Walaupun Anda harus merasa yakin 100 persen untuk berpisah dengan pasangan, tetapi terlalu lama menunggu hanya akan membuat kondisi semakin buruk dan bisa menyebabkan luka yang semakin dalam.

2. Jangan katakan putus saat bertengkar

Coba hindari membuat keputusan besar saat Anda sedang emosi.

"Seringkali beberapa masalah bisa diselesaikan dengan cara yang baik-baik, dan setelah pasangan memikirkannya, ternyata masalah tersebut tidak seburuk saat mereka sedang emosi,” kata Lori Salkin, seorang pelatih kencan di Sawyouatsinai.com.

Sebenarnya Anda masih mencintai orang yang sama dan mereka tetap orang yang Anda kenal, hanya saja Anda tidak menyukai perbuatan yang dia lakukan atau katakan pada saat tersebut, tambah Salkin.

3. Jangan menutupi alasan Anda mengakhiri hubungan ini

Mungkin Anda berpikir bahwa berbohong bisa mengurangi rasa sakit atau rasa kecewa si dia. Namun, menutupi alas an yang sebenarnya justru bisa menimbulkan rasa bingung.

Akan lebih mudah untuk move on jika Anda tahu alasan yang sesungguhnya, walaupun itu menyakitkan, kata Salkin

Jujur mengenai alasan berpisah bisa menjadi kesempatan bagi Anda dan pasangan untuk dapat melihat sumber permasalahan dan mencari solusinya bersama. Bisa jadi hal ini justru dapat memperbaiki hubungan Anda dan pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com