Rabu, 29 Maret 2017

Female

Kiat Cepat Tidur untuk Si Super Sibuk

THINKSTOCK.COM Ilustrasi

KOMPAS.com -- Merayakan Hari Tidur Sedunia ini, pakar tidur Dr Frederique Aussert menjelaskan beberapa cara untuk menciptakan lingkungan tidur yang ideal dan nyaman. Dia pun menyarankan untuk membuang semua anggapan yang telah Anda miliki sebelumnya.

Menurut Dr Aussert, tidak ada gunanya untuk menyuruh orang yang tidak suka membaca untuk membuka buku sebelum tidur. Sebaliknya, bila menonton film seri di ponsel membantu Anda untuk rileks, silahkan lanjutkan.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak menonton terlalu dekat dan kalau bisa, gunakan kacamata yang melindungi Anda dari sinar layar.

“Tujuannya adalah untuk membuat tempat tidur menjadi teman Anda dan membangun kebiasaan yang membuat Anda merasa lebih sehat,” ucapnya.

Carilah rutinitas yang dapat membantu Anda untuk merasa rileks sebelum tidur. Berendam dalam air hangat atau berolahraga misalnya, banyak penelitian yang menyarankan untuk tidak melakukan kedua kegiatan ini dua jam sebelum tidur.

Akan tetapi, bila Anda terlalu sibuk dan kedua hal tersebut membantu untuk rileks, Dr Aussert berkata bahwa Anda tidak perlu berhenti.

Sementara itu, bila Anda baru bisa makan di malam hari, pakar tidur ini menyarankan untuk memilih makanan yang ringan dan mudah dicerna seperti sedikit protein dan produk susu yang merilekskan.

Kemudian, Anda juga bisa mencoba beberapa alternatif untuk mempercepat proses tidur seperti menyemprotkan minyak lavender ke bantal dan meminum teh herbal seperti chamomile.

Namun, ingat untuk membatasi teh diminum sebelum tidur menjadi satu cangkir. Sebab, terlalu banyak dapat membuat Anda sering ke toilet dan menganggu kualitas tidur.

Penulis: Shierine Wangsa Wibawa
Editor : Shierine Wangsa Wibawa
Sumber: The Huffington Post,