Rabu, 29 Maret 2017

Female

Pasangan Bilang Anda Egois? Lakukan 4 Hal Ini

SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com -- Egois adalah sebuah sifat yang wajar dimiliki oleh setiap orang, terutama dalam hubungan dengan pasangan.

“Kesedian Anda untuk terlibat dalam sebuah hubungan dengan diri sendiri yang penuh kasih sayang dan tanpa rasa takut, dapat membantu hubungan Anda dan pasangan menjadi lebih saling percaya dan mencintai,” kata Dr Alexandra Solomon, psikolog klinis.

Namun, terkadang bersikap terlalu egois membuat hubungan Anda dan pasangan harus mengalami gesekan-gesekan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menguranginya.

1. Mendengarkan pasangan Anda

Apabila pasangan memiliki masalah dengan Anda, jangan bersikap melawan atau membantah terlebih dahulu. Dengarkan apa yang ingin dia katakan sebelum mengungkapkan opini Anda sendiri.

2. Nilai sendiri perilaku Anda

Ketika disebut egois, hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menginstropeksi diri jauh dari pasangan.

“Sediakan waktu untuk diri Anda sendiri, memang terdengarnya egois. Namun, sedikit waktu untuk sendiri bisa membuat Anda untuk lebih rela berinvestasi pada pasangan dan hubungan,” kata Rachel Astarte, hipnoterapis klinis.

3. Jelaskan perilaku Anda

Tanpa marah atau menangis, sebaiknya Anda jelaskan sudut pandang Anda terhadap masalah tersebut.

Terapis hubungan Aimee Harstein mengatakan, jangan terlalu merasa bersalah dan meminta maaf. Jelaskan pada pasangan mengapa Anda harus melakukan hal tersebut untuk kebaikan kalian berdua.

4. Terbuka untuk kritikan

Walaupun berniat baik, bisa jadi Anda telah menyakiti hatinya. Oleh karena itu, Anda pun perlu berkompromi, mendengarkan kritikannya, dan bertanggungjawab pada perasaan pasangan. 

Penulis: Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Editor : Shierine Wangsa Wibawa
Sumber: bustle.com,