Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Ucapkan Terima Kasih pada Surat Pengunduran Diri

Kompas.com - 20/03/2017, 06:11 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Bekerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan setelah beberapa tahun pasti Anda menemukan titik jenuh dan merasa tidak berkembang sehingga memilih untuk mengundurkan diri.

Namun, Anda harus memahami bahwa pengunduran diri bukan sinyal kegagalan, tetapi langkah positif untuk melanjutkan hidup demi pengembangan karier.

Jadi, lakukanlah dengan cara yang elok sehingga meninggalkan kesan baik untuk kedua belah pihak, Anda dan perusahaan yang akan Anda tinggalkan.

Salah satunya adalah cerdas dalam menulis surat pengunduran diri.

Caroline Ceniza-Levine, seorang career coach dari Six Figure Start, menyarankan, jangan menuliskan kata negatif dalam surat pengunduran diri.

Selain itu, hindarilah menuangkan ucapan terima kasih pada sejumlah pihak secara mendetil dalam surat pengunduran diri tersebut.

“Sebaiknya, ucapan terima kasih diberikan secara personal pada pihak-pihak yang menurut Anda perlu mendengarnya,” jelas Ceniza-Levine.

Lalu, pertimbangkan juga untuk momen pengunduran diri. Pastikan jangan terlalu mendadak. Berikan waktu agar perusahaan leluasa mencari dan mmeberikan pelatihan pengganti Anda.

“Beberapa perusahaan memberlakukan peraturan two weeks notice. Namun, semakin senior posisi Anda atau pentingnya proyek yang Anda kerjakan, maka perusahaan meminta lebih dari dua minggu,” imbuhnya.

Namun, perhatikan dan baca peraturan perusahaan dengan benar. Sebab, ada juga yang menginginkan karyawan yang resign untuk segera keluar kurang dari dua minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com