Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2017, 12:44 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Tidak sedikit pasangan yang menunda pernikahan karena membayangkan biaya pesta pernikahan yang melonjak tinggi.

Alhasil banyak yang mengurungkan niat untuk menikah lebih cepat dan memilih untuk menabung terlebih dahulu. Tunggu dulu, jangan berkecil hati, karena untuk mengadakan pesta pernikahan tak selalu harus dengan nominal yang besar.

Rina Gunawan, Owner Rina Gunawan Wedding Organizer, memberikan trik untuk menyiasatinya.

"(Pernikahan) bisa dengan harga murah. Siasatinya bisa (adakan acara) di masjid atau di rumah terus bisa melalui katering," ujar Rina dalam konferensi pers Balai Sudirman Wedding Fair (BSWF) 2017 di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Rina mengatakan, pesta pernikahan harus dipersiapkan secara mendetil, seperti halnya jika melihat harga katering dari vendor-vendor dianggap terlalu mahal, maka Anda bisa siasati dengan melibatkan keluarga untuk meminta bantuan membuat masakannya.

Lalu, untuk busana pengantin, Rina menyarankan untuk sewa saja ketimbang membeli. Cara ini, tentu saja bisa menghemat banyak karena membeli atau membuat baru harganya lebih mahal.

Kemudian, untuk bagian hiburan, Anda tidak usah mengeluarkan dana yang besar untuk penyanyi, tetapi bisa gunakan bakat yang ada dari keluarga atau pun teman terdekat. Hal serupa juga terjadi untuk riasan pengantin.

"Sebenarnya bisa dalam hal apapun (untuk mengurangi biaya), tapi kita lihat dari jumlah tamu yang diundang," jelasnya. 

Terakhir, Rina mengingatkan, semakin banyak tamu yang diundang, maka akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan, terutama untuk makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com