Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2017, 10:03 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

 

KOMPAS.com -- Belakangan ini, berbagai gerakan untuk melestarikan lingkungan sering dilakukan oleh sejumlah kalangan, baik pria maupun wanita, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Salah satu tokoh wanita yang peduli terhadap lingkungan itu adalah Chairman The Body Shop Indonesia Suzy Hutomo.

Hal itu terbukti dalam peluncuran situs web www.sustainablesuzy.com pada Sabtu (25/3/2017) di Laguna Atrium, Central Park, Jakarta Barat.

Situs web ini berisi tentang wujud kepedulian Suzy akan gaya hidup sehat dan peduli lingkungan, misalnya soal makanan, olahraga, bercocok tanam, dan berbelanja.

“Latar belakang saya dulu waktu tumbuh dewasa sering ke Puncak, tempat yang membuat kita kembali ke alam. Saat ini polusi sudah luar biasa. Saya merasa harus melakukan sesuatu. Kita butuh suatu gerakan yang beda, menarik, dan berhubungan dengan generasi milenial,” ujar Suzy Hutomo saat peluncuran situs webnya, Sabtu lalu.

Situs web ini mengajak semua orang untuk hidup sehat dan berkelanjutan, seperti berbelanja barang yang ramah lingkungan, mengetahui soal apa yang terjadi dengan lingkungan hidup di dunia, dan resep makanan sehat. 

“Mengurangi konsumsi daging, temasuk sapi dan babi, juga jadi gaya hidup sehat. Akan lebih baik juga menjadi vegetarian. Gerakan reduce, reuse, dan recycle itu bisa diterapkan dalam hidup sehari-hari. Contohnya saya di rumah memberikan sampah sisa makanan untuk ikan lele yang ada di kolam,” ucap Suzy.

Dalam acara ini, hadir pula Brianna Simorangkir, seorang artis penyanyi muda. Kehadiran Brianna diharapkan bisa menjadi inspirasi generasi muda atau milenial untuk peduli lingkungan.

“Kita bisa melakukan hal-hal sederhana untuk peduli lingkungan, misalnya membawa tas yang terbuat dari bahan daur ulang untuk berbelanja dan mengurangi pemakaian sedotan plastik,” kata Brianna.

Menurut Brianna, gaya hidup sustainable atau berkelanjutan itu maksudnya gaya hidup yang membantu kelestarian alam. Hal itu juga yang membuat ia mengidolakan Jack Johnson, artis penyanyi yang peduli lingkungan dan gerakan berkelanjutan.

“Tidak memakai kendaraan untuk jarak dekat, serta mematikan lampu dan menutup keran air saat tidak dibutuhkan itu juga wujud kepedulian kita terhadap lingkungan,” tutur Brianna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com