Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Lebih Percaya Diri Raih Sukses ketimbang Karyawan Pria

Kompas.com - 30/03/2017, 07:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Program pelatihan pengembangan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam komunikasi dan kemampuan teknis.

Namun, menurut laporan dari World Bank, the Haas School of Business at the University of California, Berkeley, the Universidad Nacional de La Plata in Argentina and the Inter-American Development Bank, menunjukkan bahwa program pelatihan justru mengungkapkan fakta baru yang mencengangkan.

Ternyata, karyawan wanita jauh lebih percaya diri dalam berkompetisi di dunia kerja ketimbang karyawan pria.

Peneliti mempelajari 72.500 responden dalam sebuah program pengembangan bernama Youth and Employment Program sepanjang 2002 and 2013.

Presentase responden terdiri dari 57 persen wanita dan 43 persen pria, seperti yang dilaporkan oleh National Bureau of Economic Research.

Seluruh responden diminta untuk menjalani dua program. Pertama, pelatihan penjuruan yang menggambungkan kemampuan non-akademis dengan kemampuan teknis ringan. Kedua, pelatihan teknis ringan tanpa penjuruan.

Peneliti mempelajari efek dari program pengembangan selama 12 hingga 36 bulan ke depan.

Hasilnya, terdapat perbedaan jelas antara rasa percaya diri karyawan wanita dan pria.

Karyawan wanita yang telah menyelesaikan program pengembangan mendapatkan gaji dan kepuasan kerja lebih tinggi selama 12 bulan. Sementara itu, karyawan pria sama sekali tidak memperlihatkan pengembangan apa pun.

Lalu, karyawan pria yang berpartisipasi pada pengembangan penjuruan justru memperlihatkan dampak negatif.

Peneliti mengatakan bahwa karyawan pria sama sekali tidak memperlihatkan peningkatan kemampuan, tetapi program pengembangan membuat mereka terbebani karena merasa mendapatkan ekspektasi yang tidak realistis.

Selain itu, peneliti juga melihat bahwa karyawan pria cenderung sembarang dalam mengambil pekerjaan baru, rasa percaya diri menurun, dan mengharapkan gaji yang lebih rendah.

Sebaliknya, karyawan wanita justru mengalami peningkatan ekspektasi dan positif pada peluang kerja di masa depan.

Peneliti melihat karyawan wanita lebih sukses setelah tiga tahun usai program pengembangan usai, tetapi karyawan pria justru mengalami banyak hambatan karena kurang percaya diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com