Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Pigmentasi, Dari Sunblock Hingga Piling

Kompas.com - 16/07/2008, 21:54 WIB

PUNYA wajah cantik, kulit mulus tentu dambaan setiap wanita, juga pria. Tapi kerapkali gangguan pigmentasi yang menyebabkan warna kulit tampak lebih gelap atau lebih terang di area tertentu cukup mengganggu untuk sebagian besar orang.

Meski begitu, mempunyai masalah pigmentasi bukan berarti akhir dari segalanya. Pigmentasi atau tidak meratanya kadar melanosit atau melanin pada kulit dapat dicegah sejak dini.

Untuk itu dr.Indrawati Widjaja, SpKK menyatakan, menghindari paparan langsung sinar matahari merupakan cara terbaik untuk itu.Paparan sinar matahari tidak bersahabat bagi kulit. Selain dapat menyebabkan sederet masalah bagi kulit seperti kulit kusam, kering, dan menyebabkan penuaan dini, paparan sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan kanker.

Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, cobalah untuk selalu menggunakan pelembab kulit, wajah atau sunblock.Pemakaian sunblock perlu diaplikasikan sejak usia dini. Karena umumnya efek jahat sinar matahari baru terasa setelah bertahun-tahun kemudian.

Dari dalam, Anda perlu memperbanyak Konsumsi vitamin antioksidan agar kulit makin sehat dan cantik.Antioksidan bisa diperoleh dari makanan yang mengandung vitamin E, seperti brokoli, tomat, dan wortel.

Anda juga perlu hati-hati dalam memilih foundation. Tidak setiap foundation cocok atau sesuai dengan kulit wajah Anda. Coba selalu cermati kandungan foundation. Gunakan foundation yang mengandung skin lightening agent, AHA, arbuti, dan hidrokinon. Pilihan warna foundation dapat disesuaikan dengan warna kulit.

Selain beberapa cara ini, penggunaan teknologi laser dapat membantu menghilangkan melanosit yang sudah kadung ada di wajah.

Laser, memiliki panjang gelombang antara 532 nm (nanometer) sampai 1.320 nm. Pengobatan pigmentasi menggunakan laser dengan gelombang yang panjang tergantung dari tipe jaringan tubuh yang akan diterapi.

Dan bila Anda belum puas juga dengan cara-cara ini, metode pengelupasan kulit yang dilakukan secara kimia dengan menggunakan larutan kimia yang aman untuk kulit juga dapat dilakukan. Namun, tentu saja langkah ini dilakukan melalui konsultasi dengan dokter lebih dahulu sebelum melakukan piling kimiawi. (C10-08)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com