Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah, Inilah Kesempatan Terbaik!

Kompas.com - 25/07/2008, 11:06 WIB

Hubungan antara ayah dan si sulung sering kurang harmonis saat ibu sedang berada di rumah sakit atau sibuk dengan bayi baru. "Padahal, ini adalah waktu yang tepat bagi para ayah dan si sulung untuk lebih sering bersama-sama," tulis Judy Dunn dalam bukunya, From One Child To Two.

Meski pengasuhan anak bukan semata-mata menjadi tugas ibu, tapi umumnya para ayah kurang melibatkan diri mereka. Jika Anda termasuk salah satu di antara para ayah yang menyerahkan seluruh pengasuhan anak kepada ibu, sekaranglah saatnya Anda untuk mulai.

Apalagi, jika Anda yang akan menjaganya selama ibu dalam perawatan persalinan di rumah sakit. Anda harus mulai mengajak anak melakukan segala sesuatu bersama-sama sejak ibu hamil.

Ingatlah, batita sering kali menuntut, "Mama, tolong dong!" Anda tentu tak boleh membiarkan ia bersikap seperti itu terus-menerus, apalagi jika ibu tak dapat melakukannya karena sibuk merawat bayi. Mulailah secara bertahap melakukan kebiasaan-kebiasaan yang selama ini dilakukan anak bersama ibunya. Misal, selama ini anak berangkat tidur bersama ibu dan didongengkan oleh ibu.

Untuk tahap pertama, Anda dan pasangan bersama-sama melakukannya, lalu secara bergantian, hingga akhirnya anak terbiasa tanpa kehadiran ibu saat berangkat tidur.

Mungkin awalnya Anda akan bersikap agak malas melakukan semua itu. Tapi semakin banyak waktu Anda bersama anak, Anda akan makin menyukai tanggung jawab baru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com