Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuh Fantasi dan Imajinatif dari Windy Chandra

Kompas.com - 08/08/2008, 11:04 WIB

PERGELARAN desainer muda berbakat Windy Chandra (27) dihelat Kamis (7/8) lalu di Lobby Lounge hotel Shangri-La Jakarta. Mengambil tema Couture Carnivale, Windy menampilkan 30 set busana bergaya modern kontemporer serta desain klasik.

Rancangan yang muncul didominasi oleh baju malam ball gown yang mengembang besar. Menurut Windy, ia memang menyenangi segala sesuatu yang imajinatif dan penuh fantasi. Tak heran bila untuk koleksi terbarunya ini ia mengambil inspirasi dari pertunjukan Alegria milik sirkus terkenal Perancis, Cirque de Soleil.

"Sebenarnya memang agak sulit mengaplikasikan sesuatu yang berasal dari pertunjukan panggung, apalagi sirkus, ke dalam sebuah busana," tuturnya sebelum pertunjukan. Namun, perancang muda ini berhasil memperlihatkan unsur-unsur sirkus dalam garis kreasinya. Misalnya saja, hiasan bulu dan renda yang mencerminkan kelembutan berpadu dengan rok yang mengembang besar, mencerminkan kekuatan.

Menurut Windy, ia memang sengaja menampilkan unsur kontradiksi. "Kontradiksi selalu diperlihatkan dalam pertunjukan sirkus," katanya. Selain warna gelap dan terang, ia juga mengombinasikan gaya Barat dengan bordir krancang khas Tasikmalaya dan sulam usus bergaya Sumatera dalam detail gaun. Bahan yang dipakai antara lain taffeta, shantung, thai silk, shiffon, serta organza.

Secara umum, gaun-gaun rancangan Windy memang kaya akan detail. Namun, meski memilih tema sirkus yang berciri ceria, gaun-gaunnya tetap didominasi oleh warna gelap, hitam, dan emas. "Meski temanya fun, saya ingin menampilkan busana yang berkesan mahal," kata pria yang rancangannya juga pernah dipakai untuk berbagai pertunjukan, seperti Indonesian Idol atau pemilihan Miss Indonesia ini.

Selain gaun pendek dan gaun panjang yang panjang menjuntai, Windy juga membuat gaun pengantin ala sirkus yang extravagant tetapi mampu menampilkan aura kecantikan mempelai. "Rancangan saya memang untuk mereka yang berani tampil heboh dan beda di keramaian," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com