Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Furnitur Tepat untuk Kamar Anak

Kompas.com - 13/11/2008, 10:51 WIB

KETIKA anak sudah mulai tumbuh besar, bisa jadi ia menginginkan sebuah kamar tidur sendiri. Soal ruang, orang tua bisa ngalah. Ruang tidurnya bisa difungsikan untuk anak. Atau orang tua bisa membangunkan sebuah ruang tidur khusus untuk anaknya.

Lantas setelah ruang jadi, ada masalah lain. Bagaimana mengisi ruang dengan furnitur yang tepat?

Rata-rata orang berpikir untuk menempatkan banyak furnitur di kamar anak. Yang jelas mesti ada ranjang. Mungkin juga ditambahkan meja belajar untuk si buah hati. Seringkali, ranjang, lemari pakaian, dan meja belajar ini dipisahkan, sehingga keberadaannya bisa memenuhi ruangan. Anakpun mungkin tak punya tempat bermain di ruangannya. Belum lagi mainan-mainannya yang memerlukan tempat penyimpanan tersendiri.

Jika penempatan furnitur-furnitur tersebut tidak tertata rapi, bisa-bisa kamar si kecil sesak. Apalagi kalau kamarnya menempati ruangan yang tergolong kecil. Solusinya?

Untuk ruangan-ruangan yang berukuran kecil, Anda bisa menempatkan furnitur-furnitur multifungsi. Contohnya di kamar anak, Anda bisa lho menggabungkan tempat tidur, lemari pakaian, dan meja belajar dalam satu furnitur. Seperti apa bentuk furniturnya, Anda bisa melihat fotonya di atas.

Furnitur multifungsi yang satu ini berukuran kira-kira 200cmx100cmx160cm (PxLxT). Furnitur dibuat dengan model bertingkat, dengan tempat tidur di bagian atas. Sedangkan meja belajar dan lemari pakaian ditempatkan di bagian bawah. Selain itu, furnitur ini dilengkapi pula dengan sejumlah laci, yang bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda berukuran kecil, milik si buah hati.

Untuk naik ke tempat tidur, anak-anak bisa menggunakan tangga. Agar tidak mengganggu aktivitas di meja belajar atau lemari pakaian, tangga sengaja dibuat menggunakan rel di bagian atasnya. Sehingga anak-anak bisa menggesernya ke kiri atau ke kanan. Agar semakin menarik, gunakan warna-warna cerah sebagai warna furnitur.

Sekarang, coba kita perkirakan penggunaannya di kamar si kecil. Misalnya, kamar buah hati Anda berukuran 2mx3m. Dengan menggunakan furnitur multifungsi seperti ini, Anda bisa menghemat hingga dua per tiga ukuran ruang. Benar-benar praktis dan hemat lahan, kan?

Penulis: Anissa
Foto: Surai
Lokasi dan properti: Show unit Gading Nias Residence, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com