Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Women Self Defense of Kushin Ryu (WSDK)

Kompas.com - 06/12/2008, 14:34 WIB

Tindak kekerasan terhadap perempuan belakangan ini semakin memprihatinkan. Beragam modus kejahatan, mulai dari penodongan, penjambretan, hingga pelecehan seksual tak jarang mengancam kaum Hawa.

Berdasarkan data yang dimiliki Komnas Perempuan, kasus tindakan kekerasan terhadap perempuan dari tahun ke tahun meningkat cukup mencolok.

Pada tahun 2001 setidaknya terjadi 3.169 kasus. Data tahun 2007 menunjukkan adanya 25.522 kasus kekerasan terhadap perempuan yang ditangani oleh 215 lembaga, termasuk institusi penegak hukum, rumah sakit, dan organisasi kemasyarakatan pengada layanan.

Berangkat dari fenomena itu, Sensei H Sofyan Hambally, penyandang Dan VI Karatedo Int, menggagas berdirinya bela diri untuk perempuan dengan nama Women Self Defense of Kushin Ryu (WSDK), yang merupakan bagian dari pertanggungjawaban sosial Kushin Ryu M Karatedo Indonesia (KKI) Dojo Kopo, Bandung, Jawa Barat.

WSDK yang didirikan pada 2007dan memiliki moto”Lembut bukan berarti lemah, dalam kelembutan tersimpan kekuatan”, itu merupakan wadah pelatihan bela diri praktis dan diharapkan efektif untuk membentengi diri kaum perempuan terhadap pelaku tindak kejahatan.

Menurut Eko Hendrawan, instruktur dari Kushin Ryu Dojo Kopo, jurus-jurus WSDK dikemas semudah mungkin sehingga memungkinkan para perempuan dari setiap strata usia bisa menerima pelatihan dengan sangat mudah. Teknik yang diberikan adalah teknik-teknik yang sangat praktis, tetapi mematikan. Kendati perempuan itu tidak memiliki dasar ilmu bela diri.”Salah satu contohnya kuku, tidak saja dijadikan sebagai aksesori bagi perempuan, tapi bila dimanfaatkan, kuku-kuku di jari-jari lentik itu bisa menjadi senjata pamungkas untuk melawan,” ujar Eko kepada Warta Kota, belum lama ini.

Dikatakannya, WSDK juga mengajarkan cara menyerang titik bagian tubuh tertentu yang tentunya bisa langsung melumpuhkan. Misalnya serangan di bawah dagu, jakun, ulu hati, dan alat vital. Bahkan, benda atau aksesori yang sering dibawa perempuan bisa dijadikan senjata untuk menyerang, misalnya kartu ATM, gantungan kunci, hingga ponsel.

”Jadi WSDK ingin memberikan pengetahuan terhadap perempuan seluas-luasnya mengenai bela diri praktis sebagai benteng pertahanan diri. Seperti moto WSDK, lembut bukan berarti lemah, dalam kelembutan tersimpan kekuatan,” kata penyandang sabuk hitam Dan III Karatedo itu.

WSDK telah meluluskan lebih dari 500 perempuan. Selain itu, bekerja sama dengan Komnas Perempuan menggelar workshop di Kota Bandung dan sekitarnya dengan menggelar pelatihan praktis. Bahkan, dalam memperingati Hari Ibu pada 22 Desember 2008, WSDK juga akan memberikan pelatihan praktis bagi ibu-ibu Dharma Wanita Provinsi Jawa Barat. ”Untuk wilayah Jakarta WSDK untuk saat ini masih sebatas pelatihan secara privat di sekolah-sekolah. Tapi kami juga tidak menutup kesempatan bagi khalayak umum, khususnya para perempuan yang ingin berlatih,” tandas Eko.

Peserta WSDK berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ibu-ibu rumah tangga, PNS dan karyawati perusahaan swasta, hingga mahasiswi dan pelajar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com