Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memperbaiki Kesalahan

Kompas.com - 05/01/2009, 12:36 WIB

Nobody's perfect, termasuk dalam melakukan pekerjaannya. Kesalahan dalam bekerja, entah itu kehilangan arsip laporan, tak bisa memenuhi deadline, atau salah mengirim e-mail berisi curhatan pribadi kepada bos, bisa merusak profesionalisme kita. Tapi, tak perlu panik berkepanjangan bila Anda baru saja membuat kesalahan. Simak tips dari Andrea Kay, penulis buku Work's a Bitch and Then You Make It Work, berikut ini:

Tarik napas
Begitu Anda sadar baru saja membuat suatu kesalahan, mundurlah sejenak dari situasi tersebut. Tarik napas dalam-dalam dan ambil break. "Rasa takut dan emosi bisa memengaruhi tindakan dan memperburuk situasi," kata Kay.

Hadapi
Jangan berharap si bos tak mengetahui kesalahan yang Anda buat. Segeralah minta maaf dan sampaikan Anda akan menghindari kesalahan serupa di kemudian hari.

Cari solusi
Bila kesalahan yang terjadi berskala besar, seperti laporan bujet yang salah, atau berdampak pada orang lain, galilah beberapa alternatif ide untuk mengoreksi kesalahan. Lalu, sampaikan lewat memo pada atasan atau sampaikan dalam rapat. Meski pada akhirnya atasan yang akan memegang kendali keputusan, paling tidak Anda sudah menunjukkan inisiatif dengan cara menawarkan solusi, daripada malah bersembunyi.

Maju terus
"Cara terbaik untuk memperbaiki kesalahan adalah melanjutkannya dengan performa yang lebih baik," kata Kay. Kembalikan kepercayaan dari atasan dan rekan-rekan kerja dengan menunjukkan pada mereka hasil kerja yang memuaskan. Suka atau tidak, semua perhatian kini tertuju pada Anda, jadi gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kinerja terbaik Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com