Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Audrey Hepburn hingga Michelle Obama

Kompas.com - 15/01/2009, 11:15 WIB

Sepatu bukan cuma alas kaki yang bisa membuat penampilan semakin cantik dan gaya. Sepatu pun terkait erat dengan kenyamanan kaki. Nah, bila tujuan Anda adalah tampil fashionable tanpa sakit di kaki, maka ayunkan langkah kaki dengan kitten heels.

Kitten heels atau sepatu dengan dasar yang tipis dan hak rendah, bukanlah hal yang baru. Sepatu ini dipopulerkan oleh aktris legendaris era 50an, Audrey Hepburn dalam setiap film dan penampilannya. Konon Hepburn memilih sepatu ini agar lawan mainnya di film tidak terlihat terlalu pendek.

Kitten heels sendiri pertama kali diperkenalkan sebagai atribut fashion di akhir tahun 1950an kepada remaja perempuan berusia 13 tahunan. Pada usia ini mereka dianggap belum saatnya memakai high heels. Selain kurang nyaman di kaki, sepatu bertumit tinggi kala itu dikonotasikan dengan persepsi seksual. Jadilah kitten heels dipakai sebagai "sepatu hak latihan" bagi gadis-gadis muda Amerika sebelum memakai high heels.

Sepatu yang memiliki tinggi hak antara 3,5 - 5cm dengan bentuk hak melengkung seperti kuku anak kucing (kitten claw) ini, kembali digemari di tahun 1980an dan menjadi tren fashion saat Manolo Blahnik membuat model sepatu terbarunya dengan hak yang lebih pendek karena stiletto-nya yang terkenal banyak dijiplak.

Seperti juga ide untuk pakaian yang terus berputar dari masa ke masa, begitu juga dengan sepatu. Tahun 2009 ini kitten heels diperkirakan akan kembali populer. Tokoh terkenal yang kerap tampil dengan kitten heels antara lain Carla Bruni Sarkozy, istri dari Presiden Perancis, Nicholas Sarkozy. Kebetulan tinggi badan Sarkozy memang lebih pendek dari sang istri.

Tokoh lain yang menjadi sorotan publik adalah ibu negara AS yang baru, Michelle Obama. Seperti juga arah politik suaminya, kitten heels yang dipakai wanita berbusana terbaik tahun 2008 ini disebut-sebut sebagai sepatu fashion yang "moderat" karena terlihat dinamis dan lebih modis dari sepatu tumit datar (flat shoes) dan lebih bersahabat daripada sepatu tanpa tali berujung bulat (pump shoes). Selama kegiatan kampanya suaminya, Barack Obama, Michelle kerap tampil dengan sepatu ini.

Tak hanya digunakan untuk acara santai, kitten heels juga cocok dipakai untuk ke kantor, makan malam, hingga berdansa. Bentuk haknya yang feminin akan memberikan perasaan romantis dan anggun. Selain model sandal, Anda juga bisa memilih model peep toes yang tidak berkesan terlalu santai. Materialnya juga beragam, mulai dari kulit yang diolah sehingga menghasilkan aneka motif dan warna, suede, beludru, hingga anyaman tangan. Sepatu-sepatu kitten heels ini  bisa Anda dapatkan di Centro Department Store mulai tanggal 5 Februari 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com