Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dream Job: Travel Writer

Kompas.com - 18/02/2009, 18:33 WIB

Bayangkan bila Anda bisa berjalan-jalan ke berbagai belahan dunia, menginap di hotel berbintang lima, menikmati sajian makanan lokalnya, menyaksikan kekayaan budayanya, berkenalan dengan orang-orang baru, dan untuk semuanya itu Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, malah dibayar. Inilah pekerjaan baru untuk para penggila traveling.

Travel writer adalah pekerjaan jurnalistik yang berkonsentrasi pada berbagai aspek dari suatu perjalanan. Sering kali, seorang travel writer bekerja untuk majalah atau acara televisi. Namun sebenarnya ada banyak employer lain yang mempekerjakan seorang travel writer. Contohnya agensi public relations, biro convention and visitors, biro perjalanan (travel agency), hotel, motel, restoran, penginapan, atau resor, pemilik spa, event organizer, konsultan atau ahli turisme, pemilik restoran, penerbit buku, dan lain sebagainya.

Pekerjaan ini juga tidak menuntut Anda untuk menjadi pegawai tetap sebuah perusahaan. Anda bisa saja mengambil cuti dari pekerjaan tetap Anda, lalu melakukan perjalanan di suatu tempat, dan menjual tulisan Anda ke majalah atau surat kabar. Lebih baik lagi bila Anda sudah cukup dikenal sehingga perusahaanlah yang mencari dan mempekerjakan Anda. 

Sebagai penulis perjalanan, Anda bisa menulis mengenai petualangannya, seni dan arsitektur kota, kulinernya, bisnis, city guide, tempat-tempat berbahaya di suatu kota, eco-tourism, tempat-tempat untuk bulan madu, national park, kehidupan malam, kegiatan berbelanja, rekreasi sports, tempat singgah di akhir minggu, wineries, dan berbagai hal lainnya. Anda tak akan kehilangan ide untuk mengangkat sebuah topik di suatu tempat, dan tak perlu khawatir tulisan Anda tak dibaca. Rasanya, semua orang senang membaca tulisan mengenai perjalanan karena tulisan seperti itu lebih banyak gunanya. Sebagai pembaca, Anda akan memperoleh banyak informasi tempat-tempat baru, berapa biaya yang diperlukan, dan bagaimana mencapainya.

Untuk menjadi penulis perjalanan, tak ada jenjang pendidikan khusus yang diperlukan. Anda akan mampu menjadi penulis perjalanan bila:

* Senang berjalan-jalan, tak hanya di kota-kota besar, tetapi juga di kota-kota kecil, hingga pedalaman. Anda yang sudah terbiasa jalan-jalan atau traveling akan lebih disukai karena wawasan Anda lebih luas. Bahkan, Anda bisa diharapkan untuk memberikan ide-ide bagi employer Anda. 

* Memiliki ketertarikan terhadap berbagai aspek sosial, budaya, hingga bisnis, dari tempat yang Anda kunjungi.

* Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik karena Anda harus banyak menggali informasi dari penduduk lokal.

* Mampu menulis dan menjelaskan secara detail pengalaman Anda. Misalnya saat mencicipi makanan tidak hanya mengatakan "enak", tetapi juga "tekstur cake ini sangat lembut, krimnya langsung lumer di lidah, kejunya sangat terasa..." dan sebagainya.

* Mampu berbahasa Inggris atau bahasa asing lain.

* Mengetahui teknik fotografi.

* Sanggup bekerja sendiri, dan dalam batasan waktu (deadline).

Nah, jika saat ini Anda ingin mempunyai pekerjaan sampingan sebagai penulis perjalanan, maka Anda harus mulai menulis sekarang juga. Anda bisa membuat blog dan menuliskan laporan perjalanan Anda, lengkap dengan foto-fotonya. Anda bisa seterkenal Trinity, yang akhirnya membukukan blog-nya dengan judul The Naked Traveler. Banyak-banyaklah bertanya kepada travel writer lain, bagaimana pengalaman mereka saat pertama menjalani pekerjaan tersebut. Jika Anda berniat mengirimkan tulisan ke majalah atau surat kabar, kenali lebih dulu bagaimana gaya tulisan dan gaya bahasa yang disukai oleh media tersebut. *

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com