Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Boleh dan Tidak Saat Minum Teh

Kompas.com - 23/04/2009, 13:53 WIB

KOMPAS.com — Meski terkesan sederhana, ada baiknya Anda memperluas wawasan mengenai teh. Dengan begitu, saat diundang minum teh atau menyelenggarakan acara minum teh di rumah, Anda sudah punya bekal pengetahuan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Nah, berikut sejumlah larangan dan anjuran seputar minum teh.

Larangan 
1. Jangan menambahkan susu dan jeruk peras ke dalam teh secara bersamaan karena jeruk akan membuat susu menggumpal.
2. Setelah lewat 3-4 jam, jangan gunakan kembali teh celup bekas untuk membuat secangkir teh yang baru. Membiarkan teh celup yang sudah digunakan di udara terbuka akan menyebabkan reaksi kimia pada teh tadi bisa menurunkan kualitasnya. Pemakaian kembali teh celup yang sudah digunakan selama berjam-jam sebelumnya juga akan membahayakan kesehatan.
3. Jangan merendam kantung teh celup terlalu lama. Lain halnya bila Anda memang menginginkan secangkir teh yang amat pekat dan terasa agak pahit. Yang pasti, para tamu acara minum teh kemungkinan besar tak menyukai teh seperti ini.
4. Untuk menyeduh teh, jangan gunakan air keran. Pertimbangannya, air yang diambil langsung dari keran umumnya mengandung mineral yang tergolong keras, seperti kalsium, klorin, dan zat lain. Selain akan merusak cita rasa teh, kandungan mineral tadi juga berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaiknya, gunakan air kemasan bila di rumah tak terpasang alat khusus untuk menyaring air agar siap diminum.
5. Jangan pernah menambahkan krim apa pun ke dalam secangkir teh. Krim hanya cocok untuk kopi, bukan teh.
6. Jangan menambahkan susu ke dalam teh jenis Earl Grey karena justru akan membuatnya terasa pahit.
7. Untuk jenis-jenis teh berikut: Royal Blend, Rose Pouchong, Prince of Wales, dan Irish Breakfast, tambahkan sedikit susu ke dalam cangkir sebelum menuangkan teh, bukan sesudahnya. Jika menambahkan susu setelah menuangkan air untuk menyeduh semua teh jenis tadi, teh akan terasa pahit dan tak memiliki cita rasa istimewa. Sayang, kan?

Anjuran 
1. Saat menyiapkan teh, ikuti selalu petunjuk pembuatan yang umumnya tercantum pada kemasan.
2. Perhatikan pula lamanya waktu menyeduh teh. Keterangan mengenai ini umumnya tertera pada kemasan.
3. Jeruk peras boleh-boleh saja ditambahkan ke dalam teh hitam atau Earl Grey.
4. Selalu gunakan air kemasan atau setidaknya air siap minum saat menyeduh teh.
5. Bersihkan poci teh menggunakan air mendidih. Cara ini diyakini mampu menyingkirkan aroma kurang sedap yang tertinggal dari penyajian teh sebelumnya, sekaligus membunuh bakteri yang mungkin bercokol di situ.
6. Air yang akan digunakan untuk menyeduh teh sebaiknya benar-benar mendidih dan bukan cuma hangat. Kecuali jika berniat menyajikan teh hijau yang memang dianjurkan untuk menggunakan air hangat.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com