Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tina Andrean: The Secret Treasure

Kompas.com - 06/06/2009, 17:10 WIB

KOMPAS.com -- Jumat, (05/06), di Atrium Senayan City, Jakarta, Tina Andrean kembali menunjukkan kepiawaiannya merancang gaun pengantin wanita internasional yang sudah ia lakukan selama 25 tahun lebih.

“Melalui show yang akan kami lakukan ini, kami ingin membantu para calon-calon pengantin untuk mencari keperluan pada hari pernikahannya, juga untuk para desainer-desainer gaun pengantin muda yang ingin mencari ide,” terang Tina Andrean mengenai wedding exhibitions yang akan ia lakukan dari tanggal  5-7 Juni 2009 di Atrium Senayan City.

Adalah kisah mengenai pencarian cinta sejati yang ingin diangkat oleh Tina Andrean pada peragaan busananya kali ini. Kisah-kisah pencarian cinta sejati diukir dalam dongeng yang diceritakan turun-temurun lintas generasi dalam bentuk dongeng.

Karakter yang ia gunakan pada rancangannya adalah karakter Cinderella, Snow White, dan Beauty and The Beast. Para karakter dan penggambaran tentang para putri dalam dongeng-dongeng tersebutlah yang menjadi inspirasi Tina dalam mencipta gaun-gaun terbarunya. Koleksi rancangan ini diberi tajuk The Secret Treasure.

“Dalam menciptkan rancangan ini, saya harus berjuang supaya gaun-gaun ini tidak terlihat kekanak-kanakan. Saya harus ubah sedemikian rupa agar gaunnya tetap terlihat modern, namun tetap ada sentuhan Tina dan romantis,” tutur Tina.

Sebanyak 30 koleksi yang terdiri dari 12 buah gaun malam dan 18 buah gaun pengantin terbagi dalam 5 sequence diperagakan pada malam pembukaan wedding exhibition. Adapun kelima sequence tersebut;

1. Evening Melody
Peragaan gaun malam cocktail dan long dress. Koleksi gaun malam ini menggunakan warna-warna merah, seperti rouge red yang pekat, blush red yang medium, dan fuchsia red. Garis rancangan manis, dengan efek flowing pada bagian bawah gaun, mempercantik bagian atas gaun  bustier one shoulder. Dipermanis dengan detil batuan kristal dan payet yang minimal. Gaun-gaun panjang dan pendek ini cocok digunakan untuk pribadi yang simpel dan klasik, juga anggun.

2. Evening Symphony
Gaun-gaun malam yang lebih formal. Menggunakan paduan renda french lace di atas bahan Thai silk dan sifon memberikan kesan elegan dan mewah. Di sini Tina banyak bermain di potongan leher, dari neckline sweet heart hingga v-neck. Potongan dada emoire dan rok tumpuk dari bahan sifon memberi kesan romantis. Cocok untuk pribadi yang modern dan tidak takut mencoba hal-hal baru.

3. Cinderella
Sebagai putri yang bersahaja dan tidak sombong, koleksi Cinderella dipersepsikan oleh Tina dengan gaun-gaun pengantin berpotongan slim line, mermaid, dan semi A-line. Di koleksi ini, Tina tak menggunakan ekor (train) panjang. Bahan-bahan koleksi ini terbuat dari silk duchess, satin off-white, tulle halus, organza, dan tulle tumpuk warna ivory dengan ekor maupun tanpa ekor gaun. Yang membuat koleksi Cinderella adalah adanya tambahan pilihan jaket bolero kecil dan veil panjang seperti yang digunakan si tudung merah untuk menutupi tubuh si pengantin saat upacara sakral, seperti di gereja. Cantik dan manis untuk pribadi yang natural dan kalem. Tak banyak detil yang digunakan, seperti Cinderella yang sederhana namun cantik.

4. Snow White
Si cantik yang baik hati ini digambarkan Tina dengan gaun-gaun pengantin berpotongan pinggang straight waist, drop waist berpadu dengan rok tumpuk bersusun dari bahan tulle. Kesan putih dan salju yang berjatuhan di sekeliling gaun dibuat dengan tulle yang dilipat-lipat. Terkesan penuh dan maksimal untuk si penggunanya. Terdapat pula pilihan jaket untuk menutupi pundak pengantin di acara sakral. Ditampilkan dalam warna-warna off white, putih, dan putih gading.

5. Gaun Pengantin “The Secret Treasure”/Belle dari Beauty and The Beast
Gaya putri-putri kerajaan dari Tina Andrean, sebagai koleksi penutup adalah koleksi terbatas. Koleksi ini menggunakan bahan-bahan terpilih, seperti silk duchess Italy, silk organza, dan satin silk. Finishing signature embroidery memberi kesan elegan dipermanis dengan kesan mewah dari pantulan cemerlang kristal Swarovsky.

Di semua gaun pengantinnya, Tina berusaha agar si mempelai wanita terlihat ramping dan langsing dengan banyak menggunakan bustier, off shoulder, potongan pinggang high waist dan v-shape waist line.

Koleksi-koleksi Tina Andrean bisa dilihat selama wedding exhibition dari tanggal 5-7 Juni 2009 di atrium Senayan City. Ikuti pula acara-acara pendukungnya, seperti demo make-up bridal dari Johnny Andrean Salon, talkshow wedding planner dari Tina Andrean, talkshow musik hari pernikahan dari Otty Jamalus, dan talkshow memilih pakaian dalam dari Valentine Secret selama pameran berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com